Follow Us @agnes_bemoe

Sunday 14 July 2013

PENULIS LOKAL KE AJANG INTERNASIONAL

Bulan April 2013 lalu saya menerima kabar gembira. dari National Book Development Council of Singapore (NBDCS) yang menjadi penyelenggara Asian Festival of Children’s Content (AFCC) . Isinya, manuskrip cerita anak tulisan saya yang berjudul “Utan for Marcia” menjadi salah satu shortlisted (nominee) untuk ajang Singtel Asian Picture Book Award 2013. Karenanya, saya diundang ke Singapura untuk acara pengumuman pemenang.
Bersama Ibu Ary Nilandari dan Ibu Sofie Dewayani

AFCC adalah ajang tahunan yang ditaja oleh NBDCS. Acaranya terdiri dari kongres guru, forum orang tua, seminar umum, konferensi penulis-ilustrator, temu media, dan master classes. Bersamaan dengan itu diadakan juga bazaar buku, launching buku, galeri ilustrasi, dan temu media massa.  Kegiatan ini diikuti oleh guru, orang tua, kreator buku, penerbit, dan lain-lain dari seluruh penjuru dunia, bukan hanya dari Asia.

Setiap tahunnya AFCC menggelar kompetisi internasional dwitahunan yakni SingTel Award untuk cerita dan ilustrasi picbook dan Scholastic Asian Book Award (SABA) untuk novel young adult.

Jadi, pada tanggal 27 Mei 2013 saya berangkat ke Singapura. Tak nyana partisipan dari Indonesia banyak juga. Selain saya ada ibu Sofie Dewayani yang juga masuk dalam shortlisted untuk manuskrip picbook, Eugina Gina (ilustrasi), ibu Ary Nilandari dan ibu Eva Nukman yang bersama ibu Sofie menjadi pembicara dalam salah satu sesi seminar. Selain itu ada beberapa illustrator buku anak yang ikut serta.

Seperti disebut di atas, berbagai acara digelar mulai dari hari pertama. Ada malam kesenian Malaysian Night, Indian Night, dan Peranakan Night. Kesemuanya disertai dengan sejumlah seminar pada pagi sampai sore hari. Yang menarik perhatian saya tentu saja bazaar bukunya! Buku-buku anak yang isinya luar biasa dijual di sana!
Buku-buku yang saya beli di Bazaar Buku

Tanggal 28 Mei 2013 barulah diadakan Award Presentation. Dari kami perserta Indonesia, satu orang yang mendapatkan juara. Beliau adalah Evi Shelvia untuk Sketch Competition. Wah, senangnya! Sementara kami yang lainnya sampai ke tahap shortlisted saja. Kami puas dan bangga.  Buat saya yang penulis pemula dan penulis lokal, menjadi nominee adalah lompatan tak terkira. Sedangkan kata ibu Sofie Dewayani, “We’re winners already.”

Banyak sekali yang saya dapatkan dari AFCC ini. Pertama-tama tentu ilmu. Ini adalah kesempatan emas untuk menyerap ilmu tentang dunia kepenulisan internasional. Yang kedua, yang tidak saya sadari dari awal, dari ajang ini ternyata saya mendapatkan teman baru. Artinya, saya menambahkan orang-orang baru dalam jejaring saya. Saya bertemu dengan pengarang dan illustrator tingkat dunia yang sudah bertungkus lumus di bidangnya. Saya bertemu dan berkenalan dengan Claudia Kaiser. Beliau adalah ketua Frankfurter Buchmesse (Frankfurt Bookfair), bazaar buku paling bergengsi di dunia.


Bersama Frau Claudia Kaiser dan Ibu Zakiah Mohd. Isa

Dari awal saya sudah menduga it’s big! Tapi, saya masih juga terkaget-kaget, karena ternyata it’s huge! It’s enormously huge!

Tetap saja, saya menganggap ini adalah awal. Saya ingin menambahkan makna dari pengalaman ini dengan jalan terus berkarya, entah lokal, entah internasional. Suai?

***
Pekanbaru, 14 Juli 2013
Agnes Bemoe

2 comments:

  1. Uhhh..pengeeeen....congratz mbaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii... makasiiih...

      Btw, pengen juga kaya mbak Dedew, bukunya buanyak & ngetop! heuheuheu.... :)

      Delete