Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday, 17 February 2021

TIPS AMAN BEKERJA DI DAPUR A LA "PAK KETOPRAK"

 Ananda di rumah ingin memasak? Boleeeh! Tapi, perhatikan dulu tips dari Pak Ketoprak ya.

  


1.            Peralatan tajam. Untuk memasak kita membutuhkan pisau, pembuka kaleng, gunting, parutan, dll. Karena benda-benda itu tajam, maka hati-hati saat memakainya. Pastikan pisaumu adalah pisau yang benar-benar tajam. Pisau yang tumpul malah membuat pisau itu terpental saat dipakai untuk mengiris dan bisa-bisa mengenai jarimu.

 

2.            Peralatan panas. Kita membutuhkan kompor atau oven untuk memasak. Pastikan bahwa kompor dan oven benar-benar sudah mati ketika kamu selesai memasak. Bila sedang memasak lebih baik gunakan baju berlengan pendek. Lengan baju yang panjang kerap menjadi penyulut api untuk menjalar.

 

Jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa memasak apa-apa. Bila yang hendak kamu masak belum siap, lebih baik matikan kompor terlebih dahulu.

 

Bila menggunakan microwave, ingatlah bahwa makanan yang dikeluarkan dari microwave akan sangat panas. Jadi jangan buru-buru mendekat apalagi memegang.

 


3.            Gunakan cempal. Penggorengan atau panci yang kita gunakan bisa jadi sangat panas. Gunakan cempal saat memegang peralatan dapur tersebut.

 

4.            Kebersihan makanan. Selalu pastikan bahan makanan dicuci terlebih dahulu. Ini untuk mencegah keracunan. Cuci tangan setelah memegang bahan makanan mentah seperti telur atau daging, atau setelah memegang sampah dapur.

 

5.            Kebersihan dapur. Lantai dapur harus bersih, kering, sehingga tidak licin. Bila ada minyak atau air tumpah, segera bersihkan. Minyak dan air bisa membuat lantai menjadi lebih licin.

 

6.            Harus bersama orang dewasa. Jangan bekerja di dapur sendirian ya. Pastikan ada orang dewasa yang bisa dimintai tolong sewaktu-waktu. Pastikan juga kamu sudah mendapat izin dari mama atau papa untuk memakai dapur.

 

Kalau mau mencoba resep-resep jempolan seperti: "Nasi Goreng dalam Selimut", "Jelly Joss", atau "Kipas Anti Lapar", baca saja resepnya di buku "PAK KETOPRAK KOKI AJAIB". Selamat memasak, Chef! 


Ditulis ulang dengan beberapa penyesuaian dari:sumber ini. 




***


Pebatuan, 18 Februari 2021

@agnes_bemoe


No comments:

Post a comment