Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 28 February 2021

TEMA VALENTINE'S DAY DALAM CERITA ANAK

 Di Indonesia tema ini pasti ditolak mentah-mentah masyarakat mayoritas,  baik oleh orangtua pembaca (sebagai yang memilihkan buku untuk anaknya) maupun penerbit. Interpretasi yang berbeda tentang Valentine’s Day menyebabkan masyarakat antipati dengan tema ini.

 

Namun, di tempat-tempat lain, tema ini ternyata sangat luas digarap (ini dalam konteks cerita anak ya). Sudah ada ratusan buku ditulis dengan tema ini. 


Berikut ini saya unggah lima contoh cerita bertemakan Kasih Sayang, tema sentral dalam Valentine’s Day.

 

11. Love from The Very Hungry Caterpilar, Eric Carle

Ini buku yang imut sekali, yang mengajarkan anak-anak bagaimana mengungkapkan dengan bahasa yang indah rasa sayangnya kepada orang-orang di sekitarnya. Pantas buku ini mendapat tempat peringkat satu New York Times Bestseller. 

 


22. The Invisible String, Patrice Karst.

Buku ini bercerita tentang kasih sayang yang diibaratkan sebagai sebuah benang yang tak terlihat. Benang tak terlihat ini menghubungkan kita dengan orang-orang yang kita kasihi, sejauh apapun mereka. Benang tak terlihat ini juga menunjukkan bahwa dukungan dan kasih kita tak akan pernah putus.

 



33. The Day It Rained Hearts, Felicia Bond

Dari judulnya, buku ini jelas menunjukkan tema Valentine’s Day. Namun, isinyalah yang luar biasa: tentang memberi/memperhatikan orang lain dengan sepenuh hati (thoughtful)

 



44. Pete the Cat “Valentine’s Day is Cool”, Kimberly & James Dean.

Ditulis oleh New York Time best-selling artist, buku ini berkisah tentang memaknai Valentine’s Day. Bagi Pete the Cat, yang awalnya tidak menyukai Valentine’s Day, makna perayaan ini  ternyata sangat sederhana namun hangat dan indah.

 



55. Roses Are Pink Your Feet Really Stink, Diane de Groat.

Ini buku yang manis sekali, yang menggambarkan bahwa sebagai teman, kita sering berbuat nakal/keliru. Namun, hal-hal tersebut menjadi proses pembelajaran, selagi kita memiliki kasih sayang satu sama lain.

 


 

Luar biasa sekali bahwa tema kasih sayang ini dieksplorasi sedemikian rupa menjadi cerita-cerita yang manis, yang intinya mengajak anak untuk menghormati dan mengasihi siapa saja; orangtua, saudara, teman, bapak pengemudi bus, atau siapa saja yang bisa kita temui dalam kehidupan kita.

 

Enggak ada cium-ciuman dan seks? Tidak ada. Wong ini buku anak. Penulisnya tentu dengan sangat cerdas menginterpretasikan makna kasih sayang -yang sebenarnya universal itu- ke dalam dunia anak. Hasilnya adalah buku-buku yang indah dan manis.  Kalau tak percaya, baca sendiri… hehehe….

 

Semoga suatu saat masyarakat Indonesia bisa menemukan pemahaman yang benar tentang Valentine’s Day ini ya, supaya buku cerita anak pun semakin meriah dan bermutu dengan tema kasih sayang ini. Amin.

 

 Selamat Hari Valentine's Day (biarpun terlambat :D )


***


Pebatuan, 1 Maret 2021

@agnes_bemoe

 

No comments:

Post a comment