Follow Us @agnes_bemoe

Monday, 1 February 2021

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: BUKAN SEKEDAR KEMIRI

 

Buku #5

Januari 2021





Kemiri untuk Tuto

Penulis: Lia Loeferns

Ilustrator: Danu Nugraha

Penerbit: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

e-book

 

Ini juga sebuah kisah manis dan menyentuh. Tuto ingin mobil-mobilan warna merah. Sayangnya, mobil-mobilan itu mahal.

 

Dari sini pembaca diajak untuk mengatasi masalah a la anak-anak di Flores, setting cerita ini. Pembaca juga diajak untuk tahu arti kemiri bagi anak-anak dan masyarakat di kampung Tuto. Sangat menggairahkan, menurut saya.

 

Ceritanya mengalir dengan baik sehingga saya pun jadi ikut berharap-harap cemas, bisakah Tuto mendapatkan mobil merahnya.


Saya pikir, anak-anak Indonesia harus banyak-banyak membaca cerita yang seperti ini. Cerita yang membangun jembatan antara sudut-sudut Indonesia. Cerita yang membuat pembaca kenal hal lain daripada dirinya sendiri. Ini menjadi penyeimbang yang sehat buat cerita-cerita yang sangat segmented yang menjamur di buku bacaan anak Indonesia sekarang ini. Sangat saya hargai adanya cerita seperti ini.

 

Di samping itu, membaca cerita ini, anak-anak di Indonesia, khususnya Flores, pasti senang karena akhirnya ada cerita tentang mereka.

 

Diversity dan representasi, ini yang masih sangat kurang dalam buku anak Indonesia. Karenanya, sekali lagi, sangat saya hargai e-book ini. Saya anjurkan orangtua maupun guru untuk mengajak anak/anak didiknya untuk membaca karya yang bagus ini.

 

***

Pebatuan, 2 Januari 2021

@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment