Follow Us @agnes_bemoe

Friday, 19 February 2021

IDE CERITA DARI BUKU LAIN, BISA KAH?

 




Hari ini tujuh tahun yang lalu, 20 Februari 2014, buku saya yang berjudul “Hujan! Hujan! Hujaaan!” terbit di Gramedia Pustaka Utama.


Moment ini mengingatkan saya tentang bagaimana saya mendapatkan ide cerita.

 

Ide cerita buku ini saya dapatkan dari buku lain.

Lho, menjiplak? Plagiat dong!

Hehehe… ya enggak lah! Enak aja!

 

Beberapa waktu sebelumnya saya membaca sebuah buku yang ditulis oleh Renny Yaniar. Judulnya “9 Dongeng Indah Musim Gugur”. Buku ini benar-benar manis isinya, berbeda dengan suasana musim Gugur yang sepanjang pengetahuan saya adalah musim yang suram. Saya tertarik karena kontradiksinya ini.


 



Saat membaca itu, saya sudah terpikir, kenapa tidak membuat cerita tentang musim yang ada di Indonesia ya? Musim Hujan dan Musim Kemarau?

 

Namun, pemikiran itu tidak saya lanjutkan. Ide tinggallah ide.

 

Saya baru terpikir lagi tentang ide ini setelah dalam sebuah pelatihan menulis picture book dipaksa untuk mengeluarkan ide. Ide tentang musim di Indonesia ini muncul dan saya tertarik mengulik musim Hujan. Tak nyana, ide ini dipilih oleh mentor saya. Lalu proses selanjutnya adalah penulisan sampai terbit menjadi buku. Btw, cerita lengkapnya bisa dibaca di sini ya.

 

Jadi, bisakah ide diambil dari buku lain?

Dalam kasus saya, bisa. Dalam hal ini saya “tersengat” oleh buku “9 Dongeng Indah Musim Gugur” karya Renny Yaniar. “Sengatan” itu memicu saya untuk menuliskan cerita-cerita berdasarkan suatu musim tertentu. Saya memilih musim Penghujan yang lebih dekat dengan keseharian saya. Hasilnya adalah buku “Hujan! Hujan! Hujaaan!”, yang hari ini berulang tahun ke-7.

 

Terima kasih secara khusus untuk buku “9 Dongeng Indah Musim Gugur”. Terima kasih untuk yang sudah membaca buku “Hujan! Hujan! Hujaaan!”. Terima kasih juga pada penerbit Gramedia Pustaka Utama, Mbak Ramayanti sebagai editor, Kak Anastasia Mustika Widjaja, teman-teman illustrator, dan semuanya saja.

 

Oh ya, buku ini masih bisa didapatkan di Gramedia Digital lho, tentu saja dalam bentuk e-book ya. Buruan langganan deh. Ga nyesel kok! :D

 

***

 

Pebatuan, 20 Februari 2021

@agnes_bemoe

 

No comments:

Post a comment