Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 15 September 2019

PERPUSTAKAAN SEBAGAI TEMPAT REKREASI

Saya dan KOPRAL JONO
di depan National Library Building Singapura, AFCC 2019

Pasti di Indonesia juga ada. Saya aja yang ga tau.

Event AFCC Singapura kemarin kan (5-8 September 2019) venue-nya di National Library Building. Saya tuh terheran-heran melihat cairnya suasana perpustakaan ini (ncen ndesit). Kayak mall aja.

Orangtua membawa anak-anaknya ke ruang baca anak-anak. Di sana anak-anak baca buku dengan bebas atau ikut dalam pembacaan cerita. Ortunya dengan sabar nungguin.

Di bagian lain ada sejumlah opa-oma, duduk di depan layar komputer. Mereka baca koran. Konon, mereka rutin ke perpustakaan untuk baca koran digital.

Ada juga pasangan remaja. Biasa deh, duduknya dempetan dan share headset gitu. Tapi masing-masing baca buku.

Dan tentu saja beberapa jenis orang yang random, yang semuanya sepertinya menikmati sekali datang ke perpustakaan baca buku.

Saya intip buku-bukunya (terutama buku anak) memang keren-keren. Buku-buku novel klasik maupun terkini ada semua. Picture book-nya juga asyik-asyik. 


Tempat duduk pun banyak disediakan. Tempat duduknya nyaman berbentuk sofa. Ruang bacanya juga luas.

Dan, kayaknya, petugasnya nyaris tak kelihatan. Selain security di lantai 1, sepertinya minim petugas. Mungkin para pembacanya ini bisa dipercaya dengan buku-buku ini ya? Atau, kamera CCTV? 😃

Di Indonesia, saya sempat menikmati perpustakaan itu di perpustakaan SD (Santa Maria Blitar dan Sang Timur Pasuruan) dan Ruang Baca IKIP Sanata Darma (sekarang univ.). Itulah tempat2 saya ke perpustakaan untuk rekreasi bukan cari referensi.

Perpustakaan paling serem adalah sebuah perpustakaan yang tidak boleh disebutkan namanya. Daftarnya pun harus lewat surat RT/RW! Bah! KTP ga cukup 😃

Lalu, pengunjung tak boleh bawa tas dll. Jadi dompet, laptop, dll harus digotong pakai tangan. Ribet.

Itu belum seberapa dengan buku-buku koleksinya. Mumet saya membaca judul-judulnya! 😃

Mudah2an akan lebih banyak perpustakaan di Indonesia yang bisa jadi tempat rekreasi. Membaca jadi kegiatan rekreatif harian. Amin.


***

Pebatuan, 15 September 2019
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment