Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 15 September 2019

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: MAEVE MELAWAN KANKER


Judul                     : Brave Maeve
Pengarang          : Joanne Poon
Illustrator            : Liew Hooi Yin
Penerbit              : Landmark Books Pte Ltd
Tahun Terbit      : 2013
ISBN                      : 978-981-4189-43-9


Tersebutlah kisah seorang gadis kecil bernama Maeve. Dia tidak berbeda dengan teman-temannya. Hanya saja dia mempunyai semacam “batu” di dalam tubuhnya. Batu itu tumbuh dan berkembang membuat Maeve merasa kesakitan. Biarpun batu itu akhirnya dibuang, tumbuh lagi “anak-anak batu” di dalam tubuh Maeve.

Buku ini berkisah tentang perjuangan Maeve memahami, menerima, dan kemudian berusaha melawan penyakit kanker yang ada dalam dirinya. Catatan, kisah Maeve ini berdasarkan kisah nyata, yakni kisah putri penulisnya sendiri.

Lagi-lagi, topik tokoh dengan penyakit berat adalah topik yang tidak mudah. Saya berterima kasih pada penulisnya yang bersedia membagikan cerita tentang puterinya ini. Pasti amat sangat tidak mudah melakukannya. Tidak hanya “sekedar” berbagi, penulis mampu menyajikan cerita yang indah, manis, tidak mendramatisir suasana, dan yang terpenting aura positifnya terasa sekali. Penulis sungguh menghargai dan mencintai tokohnya, yang kebetulan puterinya, dengan penggambaran karakter yang apa adanya namun tabah dan tangguh. Sungguh luar biasa!

Saya juga menghargai pilihan penulis menggunakan “batu” untuk menggambarkan sel-sel kanker. Saya termasuk yang lebih setuju buku-buku semacam ini bukan menjadi buku yang informatif (kognitif) tetapi afektif. Lebih baik pembaca kecil menangkap nuansanya dan mampu menempatkan diri dalam sudut pandang penderita daripada dia hanya tahu dan hafal dengan persis apa itu penyakit kanker tapi gagal ikut merasakan penderitaan temannya.

Penulis juga menggunakan perumpamaan untuk menggambarkan proses kemoterapi, yang mana menurut saya dari sudut pandang membuat cerita ini menjadi segar dan punya jiwa. Auranya yang positif dan optimis adalah hal yang harus digarisbawahi, di-highlight, dan ditebalkan dari buku ini. Itulah kelebihan utama buku ini. Walaupun demikian, secara umum, ini adalah buku yang bagus sekali untuk mulai memperkenalkan anak-anak kita –baik yang terkena kanker ataupun tidak- tentang penyakit yang sekarang semakin ganas menghinggapi manusia ini.  

Untuk ilustrasinya sendiri, menurut selera pribadi saya, good but not great. Saya hargai ilustrator mampu menggambarkan proses-proses medis dengan sederhana dan tepat.

Akhirnya, saya rekomendasikan buku ini untuk orangtua, guru, dan terutama anak-anak untuk membacanya. Semoga pengalaman bersama Maeve yang pemberani ini membuat kita mampu memahami perjuangan kita juga.

***

Pebatuan, 16 September 2019
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment