Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday, 23 September 2020

READ WITH EXPERT dengan RING OF FIRE

 



Baru dengar rencananya aja udah seneng. 


Jadi, sebuah komunitas baca yang kebetulan penggeraknya adalah alumna Teknik Geologi ITB akan mengadakan acara "Read with Expert". Mereka akan membacakan salah 1 - 2 cerita di buku RING OF FIRE (GPU) dan setelahnya akan ada penjelasan sederhana tentang fakta ilmiahnya oleh seorang dosen panas bumi. Wih, kebayang serunya penjelasannya nanti! 

Itu yang bikin senang. Ada ahli yang peduli pada kebutuhan anak untuk tahu dan paham tentang kondisi alam Indonesia secara khusus (dan bumi pada umumnya). Kondisi Indonesia yang rawan bencana karena posisi geografisnya ini butuh pengenalan dan pengetahuan yang benar dan mendalam. Dengan itu harapannya anak2 bisa meng-approach bencana dengan lebih baik. 

Harapannya lagi di masa mendatang berkurang jumlah orang dewasa yang selalu menghubungkan bencana alam dengan tulah atas suatu kaum. Lebih parahnya, yang dituduh biasanya kaum yang lebih lemah.Sudah saatnya kita memutus mata rantai ini. 

Oh ya, ngomong-ngomong, Ring of Fire berisi 5 buah cerita:
1. Rokatenda Menari (Ilustrasi oleh Audelia Agustin)
2. Ketika Pak Sinabung Batuk (Ilustrasi oleh Gery Adam)
3. Monster Air (Ilustrasi oleh Dian Ovieta)
4. Kapten Oscar (Ilustrasi oleh InnerChild Std)
5. Wedhus Gembel (Ilustrasi oleh Maman Sulaiman)

Semuanya tentang bencana alam yang kerap menimpa Indonesia terkait posisi Indonesia di jalur Cincin Api (gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan awan panas). 

Oke deh, mudah2an acaranya berlangsung lancar dan buku RING OF FIRE bisa membantu/bermanfaat.
IHS.



Pembatuan, 24 September 2020
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment