Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 5 May 2019

RING OF FIRE DI KATALOG LONDON BOOK FAIR 2019



Saya sangka, tahun ini tidak ada buku saya yang nyangkut di pameran buku internasional karena saya sedang tidak produktif. Ternyata, ada satu judul yang dimasukkan ke dalam katalog London BookFair 2019, yaitu “Ring of Fire”.

"Ring of Fire" di Katalog London Book Fair 2019

“Ring of Fire” terbit 2017 oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku ini berisi 5 cerita tentang dampak ring of fire bagi Indonesia. Dampak itu adanya bencana alam yang sepertinya “rutin” mengunjungi Indonesia; gempa bumi, gunung meletus, tsunami, angin kencang, awan panas, dll. Menurut saya pribadi sih, dengan potensi bencana sebesar dan semasif itu, masih sangat sedikit usaha memperkenalkan bencana ini terutama kepada anak (mohon maaf kalau saya salah berasumsi). Dalam situasi bencana, anak adalah korban paling rentan. Mereka masih sangat bergantung pada orang dewasa di sekitarnya. Dalam pemikiran saya, kalau anak-anak sedini mungkin dikenalkan dengan kondisi alam Indonesia ini, mereka akan lebih mudah mengadaptasi dan mempersiapkan diri.

Karya Audelia Agustine dalam "Rokatenda Menari"


Jujur, senang sekali bahwa buku ini diangkut ke London Book Fair 2019. Semoga ini sekaligus mendukung pesan yang mau dibawa oleh buku ini; anak dan alam semesta (yang kebetulan muncul dalam bentuk bencana).

Karya InnerChild Std. dalam "Kapten Oscar"

“Ring of Fire” diilustrasikan oleh Audelia Agustine, Gery Adams, Dian Ovieta, InnerChild Std., dan Maman Mantox. Silakan buka halaman “Ring of Fire”. Ilustrasi-ilustrasi mereka luar biasa!
Terima kasih untuk Gramedia Pustaka Utama (Ibu Anastasia, Ibu Yuniar), Komite Buku Indonesia, teman-teman illustrator, dan tentu saja pembaca “Ring of Fire”.

 
Karya Dian Ovieta dalam "Monster Air"

Pebatuan, 6 Mei 2019
@agnes_bemoe


Baca Behind the Scene penulisan "Ring of Fire" di sini.

No comments:

Post a comment