Follow Us @agnes_bemoe

Thursday, 29 November 2018



Hadiah Istimewa untuk Putri
Lia Loeferns Yulia Loekito & Azisa Noor

Semua anak memberikan hadiah untuk Puteri Raja yang berulang tahun. Namun, ada satu hadiah yang menjadi hadiah istimewa. Apa itu? Baju? Sepatu? Permata? Boneka? Tebak terus deh, pasti pembaca tak menyangka hadiah istimewanya apa.

Dalam pandangan saya, buku ini adalah contoh ideal buku untuk anak. Judulnya mengundang pembaca untuk menebak. Bandingkan dengan judul-judul lain yang belum apa-apa sudah menyuapi anak, semacam "Aku Anak Pintar/Rajin/Saleh/dll". Menemukan buku yang masih menghargai kemampuan anak untuk berpikir seperti ini sungguh menyegarkan.

Yang kedua, penyelesaiannya benar-benar kreatif, dengan tetap mengutamakan faktor anak-anak. Sisi "kekanak-kanakan" yang naif dan ceria ini enak sekali dibaca.

Yang ketiga, biarpun membawa pesan untuk menjadi kreatif dan apa adanya (genuine), buku ini tidak berkotbah, apalagi kemudian mengulangi kotbahnya dalam bentuk pesan tertulis di akhir cerita (saya sungguh berharap orangtua berhenti mencari buku kotbah seperti ini).

Keempat, buku ini mewakili anak-anak Indonesia yang beraneka ragam tanpa menonjolkan suatu ajaran tertentu. Sekali lagi, ini sangat menyegarkan.

Kalau saya orangtua, saya akan berikan buku-buku seperti ini buat anak saya. Buku semacam ini membuat anak gembira, terwakili "kekanak-kanaknnya", dan merangsang mereka untuk berpikir dan belajar.

***

Pekanbaru, 30 November 2018
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment