Follow Us @agnes_bemoe

Monday, 7 May 2018

BEHIND THE SCENE [BTS]: Perjalanan Panjang Seri Cerita Rakyat Nusantara


Ada naskah yang prosesnya cepat, ada yang sebaliknya.

Nah, naskah Cerita Rakyat Nusantara ini termasuk yang panjang perjalanannya. Panjang, karena saya sakit lama (hampir 3 tahun) dan tidak bisa konsentrasi menulis. Panjang, karena kemudian ada perubahan konsep.

Karenanya, bersyukur sekali dua buku seri Cerita Rakyat ini akhirnya selesai dan terbit akhir April 2018 lalu.

Awalnya saya membaca-baca kumpulan cerita rakyat lalu saya pilih yang MENARIK. Tentu saja semua cerita rakyat asyik dibaca tapi saya pilih yang langsung 'tuing' di hati saya. Yang kedua, saya pilih yang sudah jarang ditulis ulang dan dibaca. Bagian ini mudah karena ternyata banyak sekali cerita rakyat yang sudah mulai terasa asing buat saya. Yang ketiga, saya pilih cerita yang sedapat bisa mewakili daerah-daerah di Indonesia. Konsepnya memang tidak menuliskan cerita rakyat dari 33 provinsi tapi tetap diusahakan Timur-Barat-Utara-Selatannya Indonesia terwakili.


Setelah itu, saya masuk ke bagian paling menarik: menuliskan ulang. Saya menuliskan ulang dengan cara yang paling klasik yaitu mengambil inti ceritanya lalu menuliskannya kembali. Saya usahakan sedekat mungkin dengan cerita asli dan tidak mengubahnya. Dengan itulah saya menghormati kekayaan literasi Nusantara yang luar biasa ini. Dan, sudah selayaknya saya sebagai penulis ulang menghormati dan menghargai karya nenek moyang ini dengan tidak merusaknya dengan apapun itu, termasuk kepercayaan dan ideologi saya.


Proses menulis ulang sebenarnya terbilang lancar. Saya sendiri suka sekali menuliskan ulang cerita rakyat. Dari membaca ulang berbagai cerita rakyat, nyata sekali betapa Nusantara ini berlimpah kekayaan sastra literer. Namun, naskah ini, seperti yang saya katakan di atas, sempat tertunda cukup lama karena kondisi kesehatan saya. Tahun 2017 naskah ini dilanjutkan dengan ilustrasi. Ilustratornya saya langsung melirik InnerChild Std. Saya senang bekerja sama dengan InnerChild karena kominikatif, easy going, dan bisa menerjemahkan cerita ke gambar yang imut.

Akhirnya, April kemarin buku FABEL NUSANTARA dan KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA terbit! Bersyukur, suatu perjalanan yang cukup panjang bisa dilalui. Saya berterima kasih pada Penerbit Grasindo, khususnya kepada Mbak Maria Silabakti, yang memberikan kesempatan kepada saya untuk menuliskan seri Cerita Rakyat Nusantara ini. Terima kasih juga kepada Mbak Maya dan Kang Dwi dari InnerChild Std.


Mudah-mudahan kedua buku ini diterima oleh pembaca ya. Silakan cari (pinjam di perpustakaan atau beli) lalu baca  dan warnai. Kritiknya saya tunggu lho!

***

Pebatuan, 7 Mei 2018
@agnes_bemoe

Tonton videonya di sini.
HADIAH UNTUK 50 PEMBELI PERTAMA

No comments:

Post a comment