Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 27 May 2018

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: Yang Sederhana dan Yang Manis

Judul Buku: Jeruk Kristal
Penulis: Maria Antonia Rahartati Bambang Haryo
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama





Ini kumpulan cerpen yang manis, ringan, lembut, kocak juga di sana-sini. Cerpen pertama “Juffrow Lala” langsung membuat saya ingin terus membaca. Kisah mengharukan yang ditulis dengan manis.
Saya terhenti membaca kumcer ini gara-gara peristiwa pemboman gereja di Surabaya. Entah kenapa, rasanya langsung tak bisa berbuat apa-apa.

Pagi, tgl. 16 Mei 2018, saya lanjutkan baca kumcer ini sambil menunggu janji temu dengan seseorang dari Gramedia. Tak nyana, hari itu ada serbuan di Mapolda Riau yang lokasinya kurleb 300 m dari tempat saya menunggu.

Jadi, buku ini benar-benar menemani saya memproses kejadian di sekeliling saya. Dan saya bersyukur karena buku inilah yang jadi teman saya. Sebagai teman, buku ini sangat menenangkan. Ketika di luar sana orang mencari surga dengan menciptakan neraka bagi orang lain, buku ini menawarkan “surga” buat saya dengan cerita-cerita manisnya.

Mungkin uraian di atas terlalu personal ya. Namun, secara umum, kumcer ini menawarkan kisah-kisah manusia pada umumnya, kisah-kisah ‘biasa’ kehidupan manusia, yang dikemas dalam cerita yang lembut dan sederhana.

Saya suka atmosfer ‘rumahan’ yang dimunculkan di kumcer ini. Seperti saya bilang, terasa menyejukkan. Cerita berputar pada kehidupan tokoh sebagai manusia biasa; istri yang cemburu berlebihan, perempuan yang tersihir oleh bos yang ganteng dan penyayang, atau sekadar menceritakan pertemuan dengan seorang perempuan tua yang ramah tapi sekaligus tajam mulutnya. Peristiwa-peristiwa ini sebenarnya peristiwa biasa yang bisa saja terjadi di mana-mana atau bahkan mungkin kita alami sendiri. Namun, di bawah tangan yang terampil, kisah-kisah itu menjadi cerita yang manis dan menarik.

Ilustrasi-ilustrasi manis di kumcer ini juga enak dipandangi berlama-lama. Saya hargai sekali ilustrasi itu tidak sampai ‘merampok’ cerita. Ini adalah bacaan yang asyik yang akan saya rekomendasikan buat siapa saja yang sedang mencari bacaan yang ‘mendinginkan’.
Last but not least, proficiat Bu Taty. Cum cum!

Pace e Bene,
Agnes Bemoe

No comments:

Post a comment