Follow Us @agnes_bemoe

Sunday, 4 September 2016

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: CERITA UNTUK ORANG-ORANG ANTIK

Judul: Not Just A Freaky Tale
Penulis: Theresia Ann Vianney
Penerbit: Stiletto Indie Book
Cetakan 1, Juli 2016
ISBN: 978-602-7572-577
Harga: Rp. 55.000,-



Bagaimana kalau dua orang yang sama-sama 'antik' bertemu? Elang, seorang cowok dingin, sedingin hawa kulkas yang dibuka pintunya dan Melody cewek yang paranoid dengan penyakit. Bisakah pribadi-pribadi potensial anti sosial ini dipertemukan?

Nyatanya, mereka mau tak mau harus bersatu dan bekerja sama dalam sebuah persiapan festival band. Pertarungan dua pribadi antik itulah yang kemudian diceritakan di novel setebal 220 halaman ini.

Novel ini segar: ringan, lucu, dan entertaining. Saya suka pada interpretasi penulisnya akan makna "ringan, lucu, dan menghibur". Sering kali saya kecele dengan novel-novel ringan yang ternyata dangkal. Lucu yang slapstic. Atau kekerasan dan drama lebay yang dianggap entertaining. Saya menemukan hal yang berbeda di novel ini. Dialog-dialog yang segar dan cerdas, karakterisasi tokoh yang jauh dari stereotype, penyelesaian konflik yang enak, itu yang saya dapatkan dari novel terbitan Stiletto ini.

Karenanya, saya menyambut baik novel ini (dan betah membacanya sampai tamat). Sudah beberapa lama saya bingung kalau mau membeli novel Indonesia. Pilihannya sedikit sekali. Novel-novel yang ada -bahkan berlabel best seller- ada saja yang sinetron-style atau sesak dengan jualan agama.

Ada beberapa bagian novel ini yang membingungkan buat saya. Mungkin karena permainan perpindahan point of view dari orang pertama ke orang ketiga (dan sebaliknya). Namun, selain hal itu, novel ini sangat memikat.

Akhirnya, yang merasa "freak" dan suka tema-tema YA yang segar, ringan (tapi tidak dangkal) seharusnya mengkoleksi novel ini.

***

Pekanbaru, 5 September 2016
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment