Follow Us @agnes_bemoe

Thursday 12 January 2023

Selamat Datang 2023 - Catatan Serba Pertama Kali di Sepuluh Tahun Yang Lalu

 

Misteri Mamoli Kuno dan Saya

Tidak berharap banyak di tahun baru, tahun 2023 ini. Yang jelas, ingin sehat lahir bathin dan berlimpah rezeki. Amin.



Misteri Mamoli Kuno dalam Daftar Panjang Scarlet Pen Award 2023


Namun, tahun 2023 ini dibuka dengan cukup manis. Novel Anak karya saya, MISTERI MAMOLI KUNO, masuk dalam Daftar Panjang Kusala Pena Merah (Scarlet Pen Award) 2023. Masih harus berjuang untuk bisa lolos ke babak Daftar Pendek sih tapi sudah senang sekali dengan berita ini. Mudah-mudahan bisa lolos ke babak-babak selanjutnya ya. (Psst... kalau teman-teman ingin beli bukunya, kunjungi link yang saya terakan di bagian bawah tulisan ini. Trimss)





Mengenai Kusala Pena Merah ini tahun 2020 lalu seri Kopral Jono juga pernah masuk nominasinya. Kopral Jono dan Siapa Mencuri Lukisan Sultan sama-sama masuk Daftar Panjang. Lalu, Siapa Mencuri Lukisan Sultan yang melaju ke Daftar Pendek. Biarpun belum menang, sudah senang sekali. Bahwa karya kita diperhatikan bahkan diberi kesempatan untuk mendapat penghargaan, wah itu luar biasa sekali.


Daftar Pendek Scarlet Pen Award 2020


Selanjutnya, seperti saya katakan sebelumnya, saya tidak berharap banyak di tahun 2023 ini. Ada kemungkinan sangat besar tidak akan ada buku terbit di tahun ini karena memang saya tidak sedang terlibat dalam proses penerbitan naskah apapun. Tidak apa-apa. Saya mem-puk-puk diri saya sendiri :D


Tahun ini saya ingin lebih berkonsentrasi pada diri saya sendiri. Beristirahat secara fisik dan bathin (ini sih melanjutkan tahun-tahun sebelumnya ya, setelah dipaksa istirahat di akhir tahun 2013), menyembuhkan diri sendiri sambil me-reparenting diri saya sendiri (wiih… banyak banget PR-nya ya… :D). Saya tahu, niatan saya ini bukan hal mudah yang bisa diberi tenggat waktu. Karenanya, saya jalani saja dulu. Sambil itu, kalau bisa diselingi nulis, saya nulis. Kalau enggak, yo wis…  hehehe….


Tahun ini bisa dibilang “tahun-genap-sepuluh-tahun-pertama-kali”. Sepuluh tahun lalu buku saya terbit pertama kali di penerbit mayor. “Kumpulan Kisah Santo-Santa” terbit di Penerbit BIP Gramedia. Berarti pertama kali juga merasakan ‘ro-yal-ti’. Masih teringat, seneng bangeeet terima royalty. Royalti dari BIP Gramedia lumayan lho untuk penulis pemula semacam saya.


Buku Pertama yang Terbit di Penerbit Mayor, tahun 2013


Sepuluh tahun yll juga pertama kali karya saya dimuat di Kompas Minggu Anak! Yeay! Bangganya minta ampun! Cerita saya yang lolos judulnya “Boneka Rasa Jus Jeruk”.


Dan, sepuluh tahun yll, picture story book saya yang judulnya “Utan for Marcia” masuk dalam Shortlist SingTel Asian Picture Book Award 2013! Whoaaa! I am (yes, am, not was) over the moon! Ini acara tahunan yang digelar di Singapura dan berskala Asia. Dan cerita saya menjadi salah satu dari enam Shortlist! Sampai detik ini, detik saya mengetik ini pun, saya merasa itu teralu surreal!


Setelah semua kegembiraan dan kebanggaan itu, tahun 2013, sepuluh tahun yll, tepatnya November 2013, saya terkena HNP (Herniated Nucleus Pulposus) alias syaraf kejepit yang merembet ke berbagai penyakit lainnya. Eh, sebelumnya, di awal 2013, saya harus pulang ke Flores untuk merawat ibu saya. Beliau sakit berat, sampai masuk rumah sakit, tapi tidak ada seorangpun yang menjaganya. Jadinya, saya yang klunuk-klunuk ke Flores. Saya menunggui ibu saya sampai beliau diperbolehkan pulang (untuk kedua kalinya karena beliau sempat pulang lalu kambuh lagi dan dilarikan ke rumah sakit). Hehehehhh… sepuluh tahun yang lalu adalah tahun roller coaster buat saya.


Entah tahun ini bagaimana. Mudah-mudahan seperti paddling through a calm river ya. Amen.


Yang jelas, sekarang ini kondisi saya membaik. Maka, tak lebih tepatnya lagi kalau saya mau menjadikan tahun ini tahun untuk bersyukur. Kehidupan saya tidaklah sempurna tapi tetap banyak sekali yang bisa disyukuri.


Baiklah, tahun baru 2023 sudah kita masuki. Semoga segala yang terbaik terjadi di tahun ini buat Anda dan saya. Amin.


***

Pebatuan, 13 Januari 2023

@agnes_bemoe


Beli MISTERI MAMOLI KUNO di sini. (Tokopedia)

Beli MISTERI MAMOLI KUNO di sini. (Blibli)

Beli MISTERI MAMOLI KUNO di sini. (Shopee)

No comments:

Post a Comment