Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday 25 January 2023

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: BUKU CERITA BERTEMA TAHUN BARU

 Buku #1 dan #2


Dalam suasana Tahun Baru saya mencari-cari cerita anak tentang Tahun Baru di laman Let's Read.  Sayangnya, belum ada cerita yang ditulis oleh penulis Indonesia tentang perayaan Tahun Baru di Indonesia. Yang saya dapatkan adalah cerita-cerita dari Kamboja dan Banglades.

Inilah mereka.



Celana Baru di Tahun Baru

Kong Sok Keng


Celana Baru di Tahun Baru



Ibu membelikan Pipi celana baru untuk Tahun Baru. Ternyata, celana itu sobek ketika dicoba. Ayah bersedia memperbaiki celana yang sobek itu tapi ada syaratnya. Syarat yang cukup berat buat Pipi.


Inilah yang diceritakan oleh Kong Sok Keng, seorang penulis Kamboja, dalam buku elektronik yang berjudul "Celana Baru di Tahun Baru", dapat dibaca di sini.  Ceritanya sendiri berlatar belakang perayaan Tahun Baru di Kamboja. Tentu saja di laman Let's Read cerita ini sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.


Ceritanya sendiri lumayan menarik; memanfaatkan momen tahun baru penulis mengajak anak mencintai tubuhnya sendiri. Cerita ini bisa jadi bahan bacaan buat ananda di rumah selagi merayakan Tahun Baru.


***


Festival Baisabi

HerStory Foundation


Festival Baisabi


Cerita kedua yang saya baca ini tentang tradisi perayaan Tahun Baru di Banglades yang beragam. Ternyata Banglades memiliki berbagai ragam suku yang masing-masingnya mempunyai tradisi tersendiri untuk merayakan Tahun Baru.


Asha, yang berasa dari Bengali dan terbiasa merayakan Tahun Baru Bengali, diajak untuk melihat Festival Baisabi, perayaan Tahun Baru tiga etnis berbeda yakni Tripura, Marma, dan Chakma.


Buat saya cerita yang ini menarik sekali! Pembaca diajak ke Banglades dengan tradisinya yang unik dan meriah. Karenanya, cocok sekali cerita ini dibaca dalam suasana Tahun Baru seperti ini. Silakan baca ceritanya di sini.


***

Pekanbaru, 3 Januari 2023

@agnes_bemoe

No comments:

Post a Comment