Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday 25 January 2023

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: BARONGSAI DALAM BUKU CERITA ANAK

 Buku #4

 

Menari Bersama Singa Merah (ebook, dibaca di aplikasi Let's Read)

Penulis: Jessica Valentina

Illustrator: Alima Nufus

Diterbitkan oleh The Asia Foundation - Let's Read



Menari Bersama Singa Merah

 

Mencari-cari tema Tahun Baru Cina, saya menemukan cerita ini. Tidak persis tentang Tahun Baru Cina sih tapi lumayan mendekatilah.


 

Ceritanya tentang seorang anak perempuan, Mala namanya, yang belajar menari Barongsai. Perjuangan yang tidak mudah karena ternyata memainkan Barongsai butuh banyak hal besar. Tidak hanya kekuatan fisik dan konsentrasi, namun juga kepekaan pada rasa musikalitas.

 


Temanya sangat mengasyikkan. Saya duga, tidak semua anak tahu seluk beluk menari Barongsai. Buku ini bisa menjadi pintu pertama buat pembaca untuk berkenalan dengan budaya Tionghoa. Tema barongsai ataupun pernik budaya etnis Tionghoa setahu saya jarang disorot. Jadi, bagus sekali kalau ada cerita yang mengangkatnya. Anak-anak Indonesia bisa saling belajar budaya teman-temannya. Dan yang terpenting, buku-buku semacam ini menjadi representasi bagi anak-anak beretnis Tionghoa. Mereka juga bagian dari bacaan anak-anak Indonesia.


 

Yang sedikit membingungkan saya adalah tokoh Mala. Kenapa tokoh ini digambarkan berkerudung ya? Ataukah dia punya satu kondisi tertentu (kondisi kesehatan, misalnya) yang membuatnya harus berkerudung?

 


Kenapa tidak boleh berkerudung? Kan malah menggambarkan keanekaragaman dan kebersamaan?



Bukan tidak boleh. Dan jangan salah, saya pendukung setia keanekaragaman 😍 Cerita ini, dengan pakaian Mala yang seperti itu, malah jadi dukungan untuk anak-anak untuk belajar sesuatu yang berbeda dengan budayanya (biarpun di cerita tidak disebutkan inilah latar belakangnya, jadi, bisa saja saya keliru 🙏)

 


Hanya saja, dalam pemikiran saya, mumpung mengangkat sesuatu dari kelompok minoritas, kenapa tidak beri panggung dan spotlight yang total ya?

 


Namun, itu pemikiran selintas saya saja. Ada kemungkinan besar saya keliru menafsirkan karakterisasi tokohnya 🙏😁

 


Buku ini tetap enak dibaca dan penting dibaca oleh anak-anak Indonesia. Silakan baca di sini.

 

***

 

Pekanbaru, 23 Januari 2023
@agnes_bemoe

No comments:

Post a Comment