Follow Us @agnes_bemoe

Tuesday 30 January 2024

PELATIHAN MENULIS MAKALAH

 

Dengan Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik SMA Santo Taricisius Dumai

Biasanya saya memberikan pelatihan menulis cerita anak tapi di tahun 2023 kemarin selain beberapa kali membuka kelas menulis cerita anak, saya mendapatkan kesempatan memberikan pelatihan menulis … makalah!


Saya diundang oleh SMA Santo Tarcisius Dumai dan memberikan pelatihan menulis sebanyak dua kali; pertama untuk para siswa di bulan September kedua untuk para guru di bulan Desember. Sekarang ini sekolah dituntut untuk menggiatkan budaya berliterasi. Dalam rangka itulah SMA Santo Tarcisius Dumai mengadakan pelatihan menulis. Dipilih makalah sebagai bahan tulisan karena baik siswa maupun guru (sekarang disebut ‘tenaga pendidik’) pada suatu titik dituntut untuk menyusun makalah.


Baik kepada para siswa maupun guru saya memberikan gambaran posisi makalah di antara jenis-jenis tulisan ilmiah lainnya. Secara umum terdapat tiga golongan tulisan ilmiah; popular, semi-formal, dan formal. Makalah digolongkan ke dalam tulisan ilmiah semi-formal bersama jurnal dan laporan penelitian.


Selanjutnya saya memberikan rambu-rambu penyusunan makalah, mulai dari menyusun judul hingga merumuskan simpulan dan saran.


Memberikan dua kali pelatihan penyusunan makalah membuat saya sampai pada kesimpulan bahwa pada umumnya baik siswa maupun guru sudah tahu teori tentang penyusunan makalah. Beberapa guru bahkan telah membuat makalah dengan sangat baik! Para siswa pun tidak kurang tajam dalam mengupas permasalahan yang akan diangkat menjadi topik makalah. Saya yakin dengan membiasakan diri menulis, para siswa dan guru pasti akan semakin luwes dalam menyusun makalah. Biar bagaimanapun juga menulis adalah kebiasaan.


Di akhir kegiatan masing-masing menyusun semacam ‘proposal makalah’ yang terdiri dari judul, latar belakang masalah, serta hipotesis.  


Sangat salut dengan inisiatif dan upaya SMA Santo Tarcisius Dumai untuk giat literasinya. Mudah-mudahan kegiatan yang seperti ini bisa berlanjut; sekolah menjadi tempat pembibitan kegiatan membaca dan menulis dan kemudian menghasilkan lulusan (ataupun guru-guru) yang terampil berbahasa baik lisan maupun tulisan.


Terima kasih kepada Ibu Kepala Sekolah SMA Santo Tarcisius Dumai, Ibu Rehna Tarigan, S. Pd. atas kesempatan yang diberikan. Terima kasih juga untuk rekan guru terkasih, di antaranya Ibu Mahida Sitinjak, S.E., Ibu Rosdiana Siagian, S. Pd. Ibu Rita Dwi Wahyuni, S. Pd., Bapak Edipin Sihombing, S. Pd., dan semuanya. Tentu saja salam hangat saya untuk siswa-siswi SMA Santo Tarcisius Dumai yang keren! Sangat senang bertemu dengan siswa-siswi yang kritis dan penuh semangat. 


Btw, saya membuka kesempatan bagi teman-teman yang hendak mengundang saya untuk kegiatan pelatihan penulisan. Silakan kirim email ke abemoe@gmail.com.

 

***

Pebatuan, 31 Januari 2024

 

No comments:

Post a Comment