Follow Us @agnes_bemoe

Thursday 9 February 2023

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: SUDAH SAATNYA REMAJA DAN ANAK DIAJAK MENCINTAI ALAM

 Buku #5




Judul: Ekpedisi Peksi
Penulis: Hening Swastika
Penerbit: Stiletto
ebook
303 halaman


Saya menemukan permata ini di deretan buku anak di Gramedia Digital. Tertarik akan blurb-nya yang menyiratkan bahwa buku ini tentang alam, saya memutuskan untuk membacanya.

Ceritanya sendiri tentang Banyu yang nekat ikut Om Ge-nya dalam sebuah ekspedisi ke Baluran. Pembaca lalu diajak mengikuti penjelajahan Banyu dan Om Ge di "Afrikanya Indonesia" itu.

Pengetahuan penulis tentang alam, tumbuhan, dan hewan, khususnya burung, sangat perlu diacungi jempol. Sangat rinci dan luas dan diceritakan dengan ringan dan alami sehingga pembaca tidak merasa sedang membaca buku teks.

Konsern penulis akan pelestarian alam juga sangat patut diacungi jempol. Kerusakan alam ada di depan mata tapi sepertinya tidak seorangpun tahu atau peduli. Buku ini bisa menjadi colekan awal pada pembaca muda untuk mulai memperhatikan alam.

Cara penulis bercerita juga ringan dan hangat dengan selipan baris-baris yang dalam maknanya di sana-sini.
Yang menjadi kendala buat saya adalah intensitas konfliknya. Saya kesulitan merasakan konfliknya. Tentu saja ada banyak konflik sekunder yang menarik. Namun, sebagai sebuah bangunan cerita, buku ini mungkin butuh konflik yang lebih kuat lagi. Kehilangan konflik itu membuat saya merasa seperti membaca jurnal dan bukannya novel.

Apakah jadinya tidak menarik? Tentu tetap menarik. Hanya saja phase-nya jadi terasa lambat.

Yang berikutnya, biarpun disebutkan untuk semua umur, menurut saya buku ini cocok dibaca untuk para remaja awal atau ke atasnya. Benar, tokohnya masih anak-anak (ABG) tapi gaya penulis bercerita lebih menyiratkan kalau ceritanya ini untuk remaja dan bukannya anak-anak.
Tentu saja tidak ada hal yang buruk buat anak-anak di buku ini. Saya hanya hendak mengomentari tentang pembaca targetnya saja.

Selebihnya, ini adalah novel yang bagus. Buku ini tidak hanya menambah jumlah novel anak (remaja) Indonesia tapi juga memperkaya dengan temanya yang unik dan sangat bermanfaat. Saya harap banyak orangtua mau memilihkan buku ini untuk anak-anaknya.

***

Pekanbaru, 7 Februari 2023


No comments:

Post a Comment