Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday, 17 March 2021

MENGAMANKAN ARTIKEL DI BLOG




Saya sedang mencari informasi tentang fee illustrator ketika saya menemukan sebuah artikel di sebuah blog. Saya baca artikel tersebut dan saya kok merasa familiar. Saya cek ke laptop dan search di blog saya. Ternyata benar. Artikel itu mirip sekali dengan artikel saya yang berjudul “Skema Kerja Sama dengan Ilustrator dalam Kaitannya dengan Royalti” yang saya unggah tahun 2013. Sementara artikel yang saya temukan di blog tersebut diunggah tahun 2019.

 

Kemiripannya terletak pada kerangka tulisannya, mulai dari “illustrator adalah soulmate bagi penulis”, “bentuk format single dan spread”, sampai pada “skema kerja sama penulis dan illustrator”. Pada bagian “skema kerja sama” malah seolah satu bagian tulisan saya itu dicuplik, hanya menghilangkan atau mengubah sedikit.  

 

Kaget juga saya. Kok mirip banget ya… hehehe….

 



Ini tulisan saya. Diunggah tahun 2013. 





Tulisan seorang blogger, diunggah tahun 2019


Saya tahu tulisan di blog itu kurang aman. Namun, kaget juga mendapati artikel ‘disadur’ sedemikian rupa. Tanpa menyebutkan sumber juga lho.


Memang sih, yang terjadi pada saya ini 'kecil banget' berbanding yang lain-lainnya, yang di-copas plek satu artikel. Dan bahkan lebih dari satu tulisan. Duh! 


Nah, cuman itu, kita cenderung meremehkan yang kecil makanya kita terkaget-kaget dengan yang besar. 

 

Beberapa waktu sebelum ini saya tanya pada seseorang yang saya anggap ahli, bagaimana caranya supaya artikel kita tidak bisa di-copas. Beliau bilang, sekarang proteksi semacam itu sudah tidak bisa. Ada penjelasannya tapi saya kurang paham sehingga tak bisa menuliskannya kembali. Maaf :D

 

Yang mungkin saya lakukan adalah membuat link tersendiri untuk suatu tulisan dan tulisan itu dibuat dalam bentuk pdf yang terproteksi.

 

Ini kemudian saya praktikkan. Untuk beberapa cerita dan terjemahan, saya buat dalam link tersendiri yang berisi file pdf yang bisa dibaca tetapi tidak bisa di-edit, copas, dan print.

 

Lalu untuk materi di artikel blog, bagaimana?

 

Nah, saya coba search cara mengamankan blog. Saya menemukan tulisan ini: Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google. Saya rasa tulisan ini sangat membantu. Detail dan terperinci. Saya belum coba sih… hahaha… maklum, saya masih harus berjuang memahaminya dulu. Tapi saya pastikan akan mencobanya. 


Mudah-mudahan setelah ini blog menjadi lebih aman. Duluan terima kasih buat Mbak Nindy, pemilik blog dan penulis artikelnya. 

 

Btw, teman-teman punya pengalaman serupa? Bagi ceritanya dong. 


***

 

Pebatuan, 18 Maret 2021

@agnes_bemoe 

No comments:

Post a comment