Follow Us @agnes_bemoe

Saturday 28 February 2015

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: Menikmati Kisah Misteri



Judul Buku                  : Dongeng Misterius dari Lima Benua (Buku 2)
Penulis                         : Widya Ross
Ilustrator                     : Amna Oriana, Mira Widhayati
Penerbit                       : Penerbit Kiddo
Genre                          : Fiksi Anak
Jumlah Halaman          : v + 103 halaman, 18 X 23 cm




Tom, hantu kecil, malam itu merasa kecewa. Usahanya menakut-nakuti Emma ternyata tidak berhasil. Emma lebih takut pada sesuatu yang lain ketimbang Tom. Namun, perjalanan Tom ke rumah Emma tidaklah sia-sia. Tanpa diduga, ia dan Emma menemukan sesuatu yang berharga. Apa itu? Tentu harus dibaca di buku kumpulan cerita misteri “Dongeng Misterius dari Lima Benua” (Buku ke-2).
Kisah Tom hantu ini merupakan salah satu dari duapuluh lima cerita misteri yang ada di buku ini. Sesuai dengan judulnya, kisah-kisah dalam buku ini diangat dari cerita makhluk-makhuk aneh dan misterius dari lima benua: Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika.
Saya pribadi bukan penggemar cerita misteri. Namun, saya menikmati cerita-cerita di dalamnya. Masing-masingnya diceritakan dengan unik dan imut, sehingga tidak menimbulkan kengerian. Beberapa cerita malah punya ending yang tak terduga: manis dan lucu. Sangat menyenangkan membacanya.
Ilustrasi buku ini juga luar biasa. Tetap ada nuansa misteriusnya (dengan pemakaian warna-warna gelap) tetapi digambar dengan imut dan unik. Karena itulah, membaca duapuluh lima cerita di buku ini terasa belum memuaskan.
Buku ini dilengkapi dengan informasi singkat tentang hantu atau makhluk misterius dari masing-masing benua. Biarpun bagi saya pribadi bagian ini mengurangi kesan misterius dari masing-masing makhluk, saya tetap menyambut baik. Bagian ini bisa membantu orang tua (atau anak sendiri) untuk mengetahui latar belakang makhluk misterius tersebut.
Selebihnya, buku ini sangat fun, menghibur melalui cerita, gaya penulisan, maupun ilustrasinya, serta memberikan lapis baru bagi keragaman cerita anak. (db)

***
Pembatuan, 1 Maret 2015
@agnes_bemoe

2 comments:

  1. baru mau review yang nomer 1 mbaa...bagus yaa bukunyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keren banget. Aku memberanikan diri baca buku 2 soalnya buku 1 ada Meusa. Aku takut... xixixi... ternyata ga nakutin kok, fun malah. Ntar mau cari yang no 1 juga.
      Btw, thanks for stopping by, Mbak Dedew :)

      Delete