Follow Us @agnes_bemoe

Friday, 15 April 2016

BEHIND THE SCENE [BTS]: PRISCILLA'S EASTER EGGS AND THE OTHER EASTER STORIES



Beberapa tahun yang lalu, ketika mengajar Sekolah Minggu, saya kesulitan mencari buku-buku cerita tentang Paskah. Sampai ketika saya menjadi penulis sekarang ini, jarang sekali saya menemukan cerita bertema Paskah di toko buku. 
Saya pun terpikir, kenapa tidak membuatnya?

Dengan itu, saya lalu mulai mengerjakan naskah ini.
Sejak awal saya memang menginginkan naskah ini dalam bentuk picture story book, untuk anak usia 3 – 6 tahun. Dalam bayangan saya, cute sekali Paskah itu untuk anak usia dini. Namun, karena untuk anak usia dini, kesulitannya adalah menerjemahkan katekese Paskah menjadi lebih sederhana.
Prapaskah dan Paskah itu berat dan dalam. Saya ingin anak-anak menangkap intinya, yakni kasih sayang Allah melalui Yesus tapi saya tidak ingin ceritanya menjadi terlalu biblis-teologis (yang mana saya juga nggak bisa). Di lain pihak, saya agak keberatan kalau ceritanya hanya festive saja lalu mengaburkan inti perayaannya.

Dengan berusaha tarik ulur antara dua titik itu, saya menyusun ceritanya.
Kurang tahu deh, apakah saya berhasil berdiri di posisi tengah antara sisi bliblis-teologis dengan sisi festive. Yang jelas, kemudian jadilah lima buah cerita yang saya anggap cukup unyu.
Saya minta tolong InnerChild Std. untuk membuatkan ilustrasinya. Hasilnya, luar biasa! Serangkaian ilustrasi super cute dibuatkan oleh InnerChild Std.! Saya menggunakan kata “dibuatkan” di sini karena saya sama sekali tidak membuat usulan ilustrasi. Jadi, ilustrasi murni interpretasi InnerChild Std. atas naskah saya. Hasilnya, seperti saya katakana tadi: rruarrr biasa! Mungkin agak aneh, hehehe… tapi saya jatuh cinta pada ilustrasi naskah ini.

Ilustrasi oleh InnerChild Std.

Maka, selanjutnya, naskah berikut ilustrasinya ini saya usulkan ke Penerbit Andi. Puji Tuhan, Penerbit Andi menerimanya. Proses di Penerbit Andi cukup lama, apalagi kemudian saya sakit. Naskah ini sebenarnya sudah selesai setahun lalu namun karena jatuhnya setelah masa Paskah maka ditunda ke tahun berikutnya yaitu tahun 2016.

Maret 2016 saya menerima email dari Penerbit Andi, mengabarkan bahwa naskah ini  sudah terbit per 1 Maret 2016. Betapa lega rasanya, mendengar berita itu. Naskah ini melewati perjalanan waktu yang cukup panjang sampai terbitnya. Lebih bersemangat lagi waktu saya menerima bukti terbit dan melihat isinya. Woah! Super duper cute! Apa yang saya bayangkan tentang isi buku yang kristiani dan cute tertuang di situ. Puji Tuhan!

Terima kasih pada Penerbit Andi. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk InnerChild Std. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat (untuk anak-anak Sekolah Minggu, khususnya) dan diterima oleh anak-anak di seluruh Indonesia ya.


Pembatuan, 16 April 2016

@agnes_bemoe

Info detil tentang buku ini bisa dibaca di sini.

No comments:

Post a comment