Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday, 13 November 2013

REVIEW Atas NINO



Hari Minggu (10/11) Kompas Minggu memuat review buku "Nino, Si Petualang Cilik". Wow! Senangnya! 
Review ditulis oleh Astri Damayanti. Terima kasih ya, mbak Astri.

Terasa lebih bangga karena dimuatnya persis di Hari Pahlawan!

Hari Pahlawan mengingatkan kita pada perjuangan arek-arek Suroboyo untuk mempertahankan Indonesia. Indonesia yang bagaimana? Indonesia yang dari Sabang sampai Merauke, beragam suku, budaya, AGAMA, bahasa, dan lain-lain.

Biarpun yang berjuang saat itu arek-arek Suroboyo, tapi sampai detik ini mereka tidak pernah mengklaim perjuangan itu hanya untuk Surabaya. Mereka berjuang untuk Indonesia.

Sedihnya, sekarang ini semakin banyak orang yang menganggap bahwa Indonesia yang beragam itu tidak ada. Yang ada adalah Indonesia yang seragam. Perjuangan di masa lalu dinafikan, atau diklaim sebagai perjuangan sekelompok orang saja. 

Entah apa yang bisa membuka kembali pikiran orang-orang picik ini....

"Nino, Si Petualang Cilik" berisi tentang keragaman Indonesia. Fakta yang coba disangkal. Kondisi yang sedang diseragamkan. Merujuk pada perjuangan arek-arek Suroboyo di masa lalu, semoga si kecil Nino mampu melawan arus pembodohan melalui penyeragaman yang sekarang sedang hot-hotnya terjadi di Indonesia ini.

Separuh hati pesimis. Separuh lagi masih memupuk asa. Semoga Tuhan menyertai Bangsa Indonesia, menjauhkannya dari bencana dan kesulitan. Juga, semoga Tuhan memberikan istirahat yang kekal untuk para pejuang kemerdekaan, terutama para pejuang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Pekanbaru, 14 November 2013
@agnesbemoe

No comments:

Post a comment