Follow Us @agnes_bemoe

Monday, 5 April 2021

BOOKS THROUGH MY EYES [BTME]: MENGGUGAT DUNIA YANG NORMAL

 Buku #13

1 April 2021


Gadis Minimarket
Sayaka Murata




Ini buku yang ngaplok banget buat masyarakat yang membangun strukturnya atas kelaziman tertentu. Anggota masyarakat yang tak mengikuti kelaziman itu akan dianggap tak normal, sakit, dibicarakan, sampai disingkirkan.

Keiko Furukura masih melajang di umurnya yang 36. Tak hanya itu dosanya, ia juga tak punya pekerjaan tetap. Pekerjaan sampingan sebagai pegawai minimarket dipandang kurang pas untuknya yang sudah berumur itu.

Jadilah Keiko seumur hidupnya bergulat dengan masyarakat yang punya standar normal yang berbeda dengan dirinya.

Sekali lagi, ini buku yang asyik, karena ngaploknya itu. Ngaplok ke siapa? Ke masyarakat yang biasanya getol menetapkan standar bagi anggotanya. Standar yang sudah seharusnya dipikir ulang. Bukan hanya karena standar itu sudah ratusan tahun umurnya (atau bahkan ribuan ya?), usang dan tak kelihatan manfaatnya, tapi juga karena ada yang tak bisa jadi dirinya sendiri dan hidup bahagia dengan hal tersebut dalam masyarakat yang toxic seperti itu.

Saya senang sekali menemukan novel ini! Senang sekali ada yang punya cara berpikir berbeda dan menuangkannya dengan sangat baik dalam tulisan. Mudah-mudahan novel ini dibaca oleh banyak orang dan membawa perubahan pada pola pikir.

Btw, 5/5⭐️ dari saya karena ide mbledos-nya dan keberaniannya menuliskannya. (Penceritaannya juga bagus kok)

***

Pebatuan, 5 April 2021
@agnes_bemoe

No comments:

Post a comment