Follow Us @agnes_bemoe

Friday, 17 May 2013

BEHIND THE SCENE (BTS): KUMPULAN KISAH SANTO SANTA

Bertepatan Hari Buku Nasional ini aku mau cerita tentang buku pertamaku "Kumpulan Kisah Santo Santa". Here we go....


Akhir Januari 2012.
Aku lagi ngetak-ngetik gak ada juntrungannya waktu dapat BBM dari Dian (Dian Kristiani, penulis buku anak, buku gokil, dan buku psikologi populer). Dian tanya, aku lagi ngapain. Aku bilang terus terang, lagi nulis gaje. Iya, aku lagi bikin cerita-cerita Natal karena masih suasana Natal. Bikin sendiri aja, bukannya ada proyek bikin buku ato apa gitu...

Trus, Dian nyaranin, kenapa nggak bikin cerita tentang para Kudus; Santa Klaus, Santo Yosef, dll. Hmm... terus terang, duluuuuuu aku pernah bikin cerita tentang Santa Agnes. Untuk keperluan narsis semata.. wkwkwk.. Suwer, gak pernah terpikir untuk membuat beberapa cerita dan kirim ke penerbit. :D

Kumpulan Kisah Santo Santa di TB Gramedia MP Pekanbaru


Nah, jadilah selama bulan Pebruari 2012 aku mulai ngublek-ngublek cerita tentang para Kudus ini. Eh, eh, eh, ternyata eh ternyata, gak gampang :( Cerita tentang para Kudus biasanya berat, serius, panjang dan "dalam". Padahal aku mesti menyampaikannya untuk pembaca anak.

Ada kisah Santo-Santa yang bagus, tetapi "horor" banget, terlalu mengerikan kalo untuk pembaca anak. Ada juga kisah yang ternyata hanya legenda, biarpun orang kudusnya menarik dan terkenal.

Yang paling bikin "sebel" adalah endingnya kebanyakan meninggal disiksa. Hadoooh...! *ya iyalahh... wong sebagian besar mereka adalah martir :p*

Pokok e, selama bulan Pebruari itu aku bener-bener tenggelam dalam perjuangan deh.. qiqiqi... lebay!

Akhirnya terkumpul 10 cerita. Suwer, aku sendiri ngerasa belum puas dengan tulisanku. Rasanya masih ada yang salaaah aja. Tapi, hari berjalan terus, akhirnya udah sampai di penghujung Pebruari. P.S: aku ga dikasi target sih, aku membuat target buat diriku sendiri aja :D

Kumpulan Kisah Santo Santa di TB Gramedia Teras Kota Depok



1 Maret 2012 naskah aku kirim ke BIP. Tentu dengan bantuan dari Dian. Dian yang ngasi alamat ples ngebantu-bantu gitulah... :D

Setelah dikirim, aku malah tambah deg-degan. Asli, saat itu aku potensial banget terkena stroke... wkwkwk! Aku takut naskahku itu begitu jelek, sehingga ngerusak reputasi Dian yang udah ngebantuin aku. Yep! Aku kepikiran banget tentang hal ini.

Kalo belum diterima, pasti aku kecewa. Tapi rasanya mengelola kekecewaan pribadi masih jauh lebih mudah daripada mengecewakan orang lain.

Tanggal 15 Maret 2012, aku dapat BBM dari Dian. Isinya? Woow! Naskahku diterima!

WOOWWW!!!

Suenengeeeeeeeeeeeeeee!!!
  1. Aku gak ngecewakan Dian yang udah banyak mbantu
  2. Akhirnya naskahku diterima di penerbit mayor
  3. Many things to say :D

Iya, ini adalah naskah pertamaku di penerbit mayor. It is SO IMPORTANT to me.

Ngemeng-ngemeng tentang penerbit mayor, akhir 2011 lalu pernah ada yang membuka posting tentang resolusi 2012. Aku langsung njeplak di komen: pengen tembus penerbit mayor! Eh, ternyata, Tuhan Yang Maha Baik mengabulkan! :) 

Kumpulan Kisah Santo Santa di TB Gramedia Basuki Rahmat Surabaya


Ouwke dueh, bali ke buku. Trus aku nyari ilustrator. Ternyata syusyah juga yah, apalagi kalo penulis belum punya nama kayak aku... qiqiqi... Akhirnya, lagi-lagi Dian ngebantuin rekomenkan ilustrator. Ilustratornya dapat, Fanny Liem, namanya.

Proses ilustrasi agak lama, dari Maret sampe November 2012 baru kelar. Ya ga papa deh...

Trus, trus, ini yang bikin merem melek nih. Bulan Juni 2012 aku ngerasai pertama kalinya nanda tanganin SPP. Hwuick pokok e... wkwkwk!

Pas aku lagi ribet dengan Natalan dan pulkam ke Malang bulan Desember 2012, eh, datang dummy dari BIP. Hadooh... sakjane aku sudah gatel pengen download. Apa daya.... hiks!

Januari 2013, setelah nyampe ke Pekanbaru, baru aku bisa ngurusi dummy. Dummy oke, akhirnyaaaa.... tara! Maret 2013 TERBIT!

Inilah pengalaman pertamaku:
  1. Pertama ngerasain diterima di penerbit mayor
  2. Pertama ribet nyari ilustrator
  3. Pertama tetede SPP
  4. Pertama ngeliat kaver *mata melar*
  5. Pertama ngeliat dummy
  6. Eh, iya, pertama kali ngeliat penampakan bukuku di rak TB Gramedia :D
Wesss... call me "ndhesit". It is worth it! :p Eh, detil tentang bukunya intip DI SINI yaa..

Kumpulan Kisah Santo Santa di TB Gramedia Sudirman Pekanbaru


***

Baca juga ya: "You were the only one who saw me when I was invisible" -- Thank You Note to Dian Kristiani


Pekanbaru, 17 Mei 2013
HARI BUKU NASIONAL

No comments:

Post a comment