Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday 13 July 2011

JADI GURU BARU - Strategi Masuk Kelas di Hari Pertama



Yang baru di setiap Tahun Ajaran bukan hanya muridnya saja. Hari pertama tahun ajaran baru bisa jadi merupakan hari pertama bagi seseorang dalam menjalani profesinya sebagai guru. Berbagai perasaan pasti berkecamuk dalam benak seorang guru baru; mulai dari exited sampai dengan panic. Berikut ini ada beberapa saran yang mudah-mudahan membantu.

 Bersikap TENANG. Ambil napas panjang, lemaskan badan, pikirkan hal-hal yang menyenangkan supaya tubuh anda rileks. Pancarkan semangat melalui sorot mata dan senyum. Ingat-ingatlah akan orang yang anda kagumi kepribadiannya, dan serap energy orang tersebut ke dalam diri anda.

 Masuklah ke kelas dengan rasa PERCAYA DIRI. Ingat, andalah “penguasa” ruang kelas. Pancarkan energi yang positif dengan mengatakan berulang-ulang dalam hati: “Aku bisa!”

 Sebagai guru baru anda menjadi obyek yang paling empuk untuk “dikerjai”. Dalam kondisi ini ingatlah untuk tidak REAKTIF. Abaikan gangguan-gangguan kecil dari murid (biasanya bertanya pertanyaan yang aneh-aneh sehingga temannya tertawa). Tetap fokus pada apa yang hendak anda sampaikan. Di hari pertama ini semua murid akan mengukur seberapa “kekuatan” anda. Bila anda cukup tangguh dan tidak mudah dikerjai, mereka akan “capek” sendiri.

 Bicaralah dengan jelas, tegas, ramah. Hindarkan bersikap “lebay” dan “sok gaul” hanya untuk membeli perhatian murid. Pengalaman saya, guru yang seperti ini mungkin disukai murid, tetapi TIDAK MEMPEROLEH RESPEK dari murid.

 Bersikap RENDAH HATI dan TERBUKA terhadap masukan dari berbagai pihak akan sangat membantu.

BE REALISTIC. Posisi anda sebagai Guru Baru adalah posisi yang rentan dengan "cobaan". Jangan langsung merasa gagal. Ingatlah bahwa semua guru pernah mengalami fase ini.

 Ingatlah bahwa menjadi guru adalah proses terus menerus. Jangan berhenti berusaha. Nikmati proses dan dinamikanya.

Selamat menikmati indahnya menjadi GURU!
***
Pekanbaru, 14 Juli 2011
Agnes Bemoe

1 comment:

  1. jadi inget pertama kali ngajar,
    liat ke seluruh kelas, mereka semua menatap penuh tanda tanya...
    "bapak guru apa pa?"
    ^^
    tak kan pernah terlupa

    ReplyDelete