Follow Us @agnes_bemoe

Friday, 5 January 2018

10 PENULIS BUKU ANAK INDONESIA FAVORIT SAYA

Akhir Desember 2017 lalu Gramedia Pustaka Utama mengeluarkan data tentang 10 buku anak terlaris. Yang mengusik saya adalah kenyataan bahwa sembilan dari sepuluh buku terlaris itu ditulis oleh penulis luar. Satu-satunya penulis Indonesia adalah Rosie L. Simamora dengan buku aktivitasnya.
Iya sih, ini output dari satu penerbit. Mungkin tidak mewakili kondisi Indonesia pada umumnya. Namun, tetap saja hal itu membuat saya tercenung, apalagi GPU masih dianggap representasi pembaca/pembeli Indonesia. Apakah pembeli buku anak terbitan GPU memang memilih karya penulis luar atas penulis Indonesia, ataukah komposisi jumlah buku terbitan luar yang lebih banyak, ataukah pembeli buku GPU belum familiar dengan penulis Indonesia, ataukah… hehehe…?
Maka, iseng (tapi serius) saya mencoba mengumpulkan penulis-penulis buku anak Indonesia yang saya anggap karya-karyanya sangat layak dibeli, dibaca, dan dikoleksi. Penulis-penulis ini adalah penulis di semua penerbit, bukan hanya yang karyanya terbit di GPU saja.
Penulis-penulis yang saya sebut di sini adalah yang sejauh pengetahuan saya saja (yang karyanya sudah saya baca). Dengan ini, bila ada penulis yang benar-benar berkualitas tapi tidak masuk, itu pasti karena saya belum membaca bukunya (sebab keterbatasan saya). Contohnya, Rosie L. Simamora. Jujur, saya belum pernah membaca buku beliau. Saya niatkan tahun ini akan mencari bukunya.
Yang juga tidak akan ada dalam daftar ini adalah para penulis buku anak yang super besar, semisal Eyang Djoko Lelono, Arswendo Atmowiloto, Gola Gong, atau Murti Bunanta. Ibarat dunia kuliner, saya mengumpulkan para chef, bukan master chef (biarpun seringnya, ini beda tipis).
Tentu saja, standar pemilihan ini murni standar saya. Biarpun saya tetap berusaha obyektif, saya tidak bisa memungkiri bahwa selera membaca saya akan sangat menentukan. Selera membaca saya adalah yang full imajinasi, dituliskan dengan sederhana, manis, dan atau cute, serta, ini yang paling penting, membawa pesan universal; membangun jembatan dan bukan mendirikan tembok, semangatnya adalah bersaudara dalam perbedaan bukannya menyeragamkan perbedaan dan membenci yang berbeda.
Eh, last but not least, biarpun berangkat dari rilis GPU, ini sama sekali tidak bermaksud sebagai counter atau tandingan ya (dan jelas tidak bisa, wong segala indikatornya, obyek, dan ruang lingkupnya juga beda. LOL). Niat saya hanyalah iseng, tapi serius dan fun, untuk men-showcase-kan penulis-penulis buku anak Indonesia.
Oke deh, here we go, ini adalah 10 penulis buku anak favorit menurut saya:
1.      Clara Ng
Imajinasi yang meledak-ledak membuat saya langsung jatuh hati pada Clara Ng. Saya membaca hampir semua buku-bukunya, mulai dari “Padi Merah Jambu” sampai “Dru”. Beberapa buku Clara Ng baru-baru ini dicetak ulang. Saya merekomendasikan buku-buku itu karena memang bagus banget.

2.      Arleen Alexandra
Jujur, buku-buku Arleen Alenxandra termasuk buku-buku yang jadi bahan belajar saya. Saya suka gaya penulisannya yang manis dengan ending yang segar dan tak terduga atas cerita kelihatannya ‘biasa’. Saya rasa, inilah maksudnya ‘jenius’ itu.
3.      Renny Yaniar
Gaya menulisnya lembut dan sederhana, dengan tema-tema yang ‘biasa’ (sederhana) membuat buku-buku Renny Yaniar menjadi semcam ‘sihir’. Membaca buku-buku Renny Yaniar saya yakin membuat anak-anak merasa nyaman. Apa yang lebih penting bagi para pembaca cilik selain rasa nyaman dan asyik membaca?
4.      Ary Nilandari
Saya bukan pembaca rutin buku-buku Ary Nilandari (jujur nih). Tidak membaca rutin karena tema yang dituliskannya kebetulan belum jadi minat saya (pre-teen). Tapi, membaca satu-dua buku Ary Nilandari, saya bisa merasakan passion yang mendalam pada tulisannya. Saya yakin, para remaja kecil (bisakah disebut begitu?) seperti menemukan oase atas pikiran dan perasaannya sebagai remaja dan karenanya saya merekomendasikan banget buku-buku Ary Nilandari ini.

5.      Dian Kristiani
Gaya menulis yang ringan, riang, dan kadang-kadang kocak, membuat saya memilih Dian Kristiani sebagai penulis favorit. Anak-anak pasti suka. Apalagi, rentang ide Dian Kristiani lumayan luas membuat membaca buku-bukunya seperti membaca sesuatu yang selalu baru.
6.      Yovita Siswati
Pembaca seri Novel Misteri pasti tahu mengapa saya suka sekali pada Yovita Siswati. Kecerdasannya meramu dan merangkai cerita (crafting the story) membuat novelnya super asyik dibaca. Di antara minimnya novel anak berkualitas, saya sangat merekomendasikan seri novel misteri, salah satunya (eh, beberapa ding) ditulis oleh Yovita Siswati.

7.      Veronica Widyastuti
Lagi-lagi, gaya bercerita yang ringan dan riang membuat saya jatuh cinta, termasuk pada Veronica Widyastuti ini. Bacalah serial Si Bolang, anda akan tahu apa yang saya maksud
8.   Rae Sita Patappa
Rae Sita Patappa lebih banyak menulis cerpen lepas di Bobo, kalau saya tidak salah. Namun, salah satu bukunya tentang rangkaian cerita rakyat yang dibalut petualangan seorang anak membuat Rae Sita Patappa layak difavoritkan.
9.   Watiek Ideo
Biarpun terkadang idenya tidak terlalu baru (well, tidak ada ide yang benar-benar baru di bawah matahari, kan?), tapi eksekusinya menarik; sederhana dan dekat sekali dengan anak. Saya salut banget pada concern Watiek Ideo atas edukasi pada anak.   .
10.  Yulia Loekito
Saya baru saja mengenal Yulia Loekito, yaitu dari serial Duper (lagi-lagi, ini karena keterbatasan pengetahuan saya). Serial Duper itu imut sekali! Saya rasa, saya akan jadi penggemar buku-buku Yulia Loekito nih.

Itulah 10 nama penulis buku anak Indonesia yang jadi favorit saya. Bila ada di antara pembaca yang mencari buku-buku anak bermutu, carilah yang dituliskan oleh nama-nama tersebut di atas.
Sebelum saya akhiri, saya mohon maaf kalau ada yang kurang tepat dalam tulisan ini. Saya menyadari, ada sangat banyak penulis bermutu di Indonesia. Merangkumnya hanya menjadi 10 nama adalah sesuatu yang sangat sulit. Saya sangat menghargai kalau ada teman-teman yang punya usulan nama lain yang belum tercantum di sini. Silakan tuliskan di kolom komen, siapa penulis favorit Anda, pasti jadi referensi yang menarik buat saya.
Selanjutnya, kalau teman-teman adalah tipe pembaca sampai tuntas, teman-teman akan sampai pada bagian yang (mudah-mudahan) menarik. Saya akan memberikan 10 buah buku saya yang berjudul "KOPRAL JONO" bagi teman-teman pembaca yang beruntung. Caranya:
1.      Terakan “mau” di kolom komen di postingan blog ini (di blog ya, bukan di fb)
2.      Share postingan ini di fb dan twitter, mention nama saya: fb Agnes Bemoe, twitter @agnes_bemoe
3.      Tag 3 orang teman lain, tapi tolong jangan beri petunjuk bahwa ini adalah giveaway ya. Mention saja, sambil menuliskan siapa penulis buku anak favorit teman-teman (boleh yang namanya tidak ada di daftar di atas tapi jangan nama saya (GR!) supaya jangan ada konflik kepentingan) J
4.      Giveaway diam-diam ini akan berakhir pada 8 Februari 2018. Pengumuman pemenang dilakukan pada tanggal 14 Februari 2018, bertepatan dengan Hari Pemberian Buku Sedunia.
Baiklah, saya tunggu respon baik teman-teman.

Selamat Natal 2017 dan Selamat Tahun Baru 2018!

Pebatuan, 5 November 2018

@agnes_bemoe 

14 comments: