Follow Us @agnes_bemoe

Wednesday 29 May 2013

BOOKS THROUGH MY EYES (BTME): HAPPY READER'S SERIES

Judul Seri    : Happy Reader’s Series
Judul Buku    : 1. A Beautifuf Picture
                       2. The Perfect Pair of Shoes
                      3. This is My Home
                      4. The Muddle-Headed Caterpillar
                      5. The Long-Eared Boy
                      6. Mighty Mike Joins the Race
                      7. Let’s Play Hide and Seek
                       8. The Lazy Cat
Penulis    : X Kwang, Chen Jingrou, Wei Ying, Ling Zi
Penerbit    : Pan Asia Publishing Pte Ltd Singapore
Jenis    : Fiksi Anak


Bisakah mengajarkan spiritualitas pada anak-anak?


Buku ini memberikan alternatif jawabannya. Berisi delapan cerita yang lugu namun tetap seru, buku berbahasa Inggris dan Mandarin membawa anak pada pengenalan akan nilai-nilai keutamaan hidup.

Walaupun demikian, bila pembaca mencari dalil-dalil spiritualitas di dalam buku enam belas halaman ini, pembaca pasti kecewa. Tidak ada sama sekali ajaran panjang lebar tentang hal itu. Pembaca (kecil) dipersilahkan menyelam dalam, mengunyah pelan, berkelana lebih jauh sembari berfantasi dengan cerita-cerita di dalamnya. Dan ini yang menjadikannya menarik!


Ambil contoh kisah “This is My Home” yang membawa pesan pengampunan. Si Mimi kecil kebingungan mencari rumah setelah ia diusir oleh tuannya. Setelah sekian lama mencari rumah, Mimi akhirnya menemukan rumah sejatinya. 


Setiap anak bisa saja melakukan kesalahan dan “diusir”. Namun demikian, anak perlu tahu bahwa dengan “mencari yang benar dan kembali”, anak akan menemukan “rumah yang sejati”. Tentu saja tidak persis kata-kata ini yang akan tertangkap oleh anak. Namun, saya percaya, anak menangkap sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh cerita ini. Saya malah lebih yakin, semakin smooth sinyal itu dikirim, semakin bertahan dalam benak anak. 


Saya pribadi sudah sangat jenuh dengan buku-buku anak yang penuh sesak dengan pesan religius yang sangat gamblang dan kasat mata. Pesan yang akhirnya terjebak pada tampilan religi semata (yang saya tidak yakin benar-benar bermanfaat untuk pendewasaan religious dan spiritualitas anak atau tidak). Oleh karenanya saya merekomendasikan buku ini bagi para orangtua yang ingin anaknya mempelajari nilai-nilai keutamaan hidup sambil tetap fun membaca.

***

Pekanbaru, 30 Mei 2013
Agnes Bemoe

2 comments:

  1. Wow, kudunya saya baca ini dulu ya sebelum bikin resensi hiks ... resensinya jempol, apik banget mbakyu ^_^

    ReplyDelete
  2. Waah, makasih, Mbak Sri, udah mampir. :)

    Btw, aku bukan ahli resensi. Ini tulisan murni isi kepala, ndak pake dasar-dasar ilmu resensi. Jadi bisa "berdosa" kalo langsung diikutin... qiqiqiqi...

    ReplyDelete