Follow Us @agnes_bemoe

Monday, 18 March 2019

BTS [Behind The Scene]: KOPRAL JONO CETAK ULANG!

KOPRAL JONO versi cetak ulang. 

Buku bisa terbit saja sudah sueneng sih, kalau menurut saya. Makanya, waktu saya dihubungi oleh GPU untuk cetak ulang novel anak "KOPRAL JONO", saya seperti mau koprol bolak-balik rasanya :D

Ibarat tumbuh kembang seorang anak, KOPRAL JONO ini perkembangannya "timit-timit" tapi ngagetin. Kembali sebentar ke akhir tahun 2016, saya dikontak oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU), menawarkan untuk membuat sebuah novel anak bertema petualangan. Secara khusus GPU menginginkan novel anak yang tidak terlalu panjang. Nah, ini kebetulan banget karena saya punya sebuah draft naskah novel anak yang tidak saya kirim ke penerbit karena merasa terlalu pendek. Saya diamkan saja naskah itu sambil menunggu inspirasi untuk menambahi materi. Jadi, ketika ada tawaran dari GPU, saya coba ajukan naskah itu. Syukurlah, diterima. Itulah naskah KOPRAL JONO itu.

Waktu itu GPU sudah mengatakan bahwa naskah itu akan diterbitkan dalam bentuk e-book. Saya sih ga masalah. Format apapun, kan tujuannya untuk dibaca juga. Biarpun begitu... hehehe... tentu saja saya berharap bisa juga diterbitkan secara konvensional.

Harapan saya terkabul. Sekitar tahun 2017 KOPRAL JONO diterbitkan secara konvensional biarpun penjualannya masih COD. Wah, seneng banget saya! Memegang dan membaca novel KOPRAL JONO itu terasa gimanaaa gitu :D

Lalu, sekitar 2018, saya mendapat kabar lagi dari GPU, kabar yang menyenangkan! KOPRAL JONO mau dibuatkan serinya dan untuk judul pertama mau dicetak ulang dengan kaver baru! Yeaaay! Serasa melayang di udara deh! Lebih excited lagi waktu lihat kaver dan ilustrasi baru KOPRAL JONO yang dibuat oleh Mas Saiful Basor. Wow! Keren deh. Suwer!

Terima kasih, Tuhan Yang Mahakasih. Terima kasih, teman-teman pembaca KOPRAL JONO. Terima kasih, GPU.

Yang belum baca KOPRAL JONO, nanti mulai tanggal 25 Maret 2019 novel ini sudah tayang di TB Gramedia ya. Jangan lupa beli... hehehe... :D

KORAL JONO cetakan pertama


KOPRAL JONO sendiri bercerita tentang pertemuan tak terduga antara seekor pitbull liar dengan seorang anak difabel. Pertemuan itu ternyata membawa mereka pada petualangan seru memburu komplotan penyelundup orangutan. Sinopsisnya ada di sini ya.


Untuk proses kreatifnya, sudah pernah saya ceritakan di sini dan juga di sini.

Oke deh, semoga KOPRAL JONO versi cetul ini semakin digemari oleh teman-teman pembaca kecil di mana saja berada. Kalau sudah baca, kirimin saya kritiknya ya. Do appreciate that. Terima kasih :)

***

Pebatuan, 18 Maret 2019
@agnes_bemoe

Baca juga: Apa Hubungannya Lagu dengan Novel?

No comments:

Post a comment