Follow Us @agnes_bemoe

Friday 9 January 2015

"Books for NTT"

Seperti mendapat durian runtuh. Itu yang saya rasakan waktu mendengar kabar bahwa Taman Bacaan Masyarakat (TMB) Buku Bagi NTT termasuk salah satu dari dua TBM yang mendapat bantuan buku dari Penerbit BIP Gramedia melalui program Book for Friends.

Di banyak tempat, termasuk NTT, buku masih jadi kebutuhan yang belum dapat tercukupi. Tidak sedikit anak ingin membaca namun bahan bacaan tidak memadai. Dalam hal ini TBM menjadi sebuah terobosan untuk menghubungkan anak-anak dengan buku-buku bacaan.

Buku Bagi NTT merupakan semacam "komsorsium" yang merangkum beberapa TBM di NTT. Para penggiat BBNTT tidak hanya berdomisili di NTT namun juga di beberapa kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera. Mereka berupaya mengumpulkan buku untuk diteruskan kepada anak-anak NTT melalui TBM-TBM.

Di lain pihak, Penerbit BIP Gramedia adalah sebuah penerbit yang dikenal akan komitmen dan konsistensinya dalam penerbitan buku-buku bermutu. Bagi penulis seperti saya, merupakan tantangan tersendiri bila bermaksud mengirimkan naskah ke penerbit ini. Ini karena standar yang ditetapkan oleh Penerbit BIP Gramedia; standar untuk menjaga kualitas buku-buku terbitannya.

Menjadi perantara bagi dua institusi yang penuh integritas di atas menjadi sebuah kehormatan bagi saya. Sebagai seorang penulis, senang rasanya melihat buku-buku yang bagus-bagus itu akan menjumpai para pembaca kecilnya. Sebagai seorang NTT (saya orang Maumere, Flores) bangga sekali bisa berbuat sesuatu untuk tanah nenek moyang saya itu.

Dua hari yang lalu, saya ke Gramedia Sudirman Pekanbaru untuk penjemputan buku-buku bantuan tersebut. Gramedia Sudirman Pekanbaru memang saya pilih sebagai tempat saya memilih buku bantuan. Tidak hanya saya sering belanja buku di sini, saya juga pernah bekerja sama dengan Gramedia Sudirman Pekanbaru. Keramahtamahan serta profesionalitas manajemen Gramedia Sudirman Pekanbaru dalam kerjasama itu menyenangkan buat saya.

Ada kurang lebih 90-an judul buku atau 200-an copy buku yang nantinya akan dikirim ke Buku Bagi NTT. Jumlah yang tidak sedikit dan kualitas buku yang di atas rata-rata membuat bantuan ini benar-benar bermakna. Pasti anak-anak NTT yang menerimanya akan merasa senang.

Melalui tulisan ini, mewakili Buku Bagi NTT, sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Penerbit BIP Gramedia, Books for Friends, Ibu Noni Timothius, Ibu Sri Sumaryatun, TB Gramedia Sudirman Pekanbaru, mas Dion Parnata, dan Wilibrodus Marianus.

Tuhan berkati kita dan karya kita.

***

Pekanbaru, 10 Januari 2015
Agnes Bemoe
@agnes_bemoe


2 comments:

  1. Selamat untuk BBNTT yang mendapat kepercayaan dari salah satu penerbit dan toko buku terbesar di Indonesia.

    Salam blogger, ka Meine

    ReplyDelete