Follow Us @agnes_bemoe

Tuesday 4 June 2013

My First International Debute: Singtel Asian Picture Book Award 2013

Bisa dibilang, ini BJJB (Bukan Jalan-Jalan Biasa)… hehehe…
Aku dapat undangan dari panitia SingTel Picture Book Award 2013 karena karyaku, “Utan for Marcia” masuk sebagai shortlisted. Baca link ini yah...

SingTel Picture Book Award 2013 sendiri salah satu kegiatan dari Asian Festival for Children’s Content, acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Singapura. Suwer, seumur hidup, baru kali ini bisa JJS karena undangan. Bangga banget!

Oh iya, keseluruhan kegiatan sih mulai tanggal 25 Mei 2013. Tapi aku ikut yang tanggal 28 Mei 2913 aja (Award Rewarding Night).

NOVENA CHURCH
Targetku sejak di Indonesia memang pingin ke gereja ini. Aku pernah ke sana tahun 2011 lalu dan langsung jatuh hati sama Mother of Perpetual Help di gereja ini. Setiap jam, mulai jam 9 pagi sampai 7 malam umat katolik di Singapura mendaraskan doa sebagai tanda devosi pada Bunda Pertolongan Abadi. Konon, banyak doa terkabul dengan pertolongan Mother of Perpetual Help.






Pulangnya, kebetulan supir taksiku seorang katolik. Beliau bercerita tentang gereja-gereja di Singapura. Ada 20-30, kata beliau. Semuanya cantik-cantik, peninggalan Portugis. Adooh, jadi pengen keliling-keliling ngeliat gereja…. Mudah-mudahan suatu saat bisa ke Singapura lagi dan bisa khusus keliling untuk Church-Tour ya, Gusti. Matur nuwun, Amin!

BAZAAR BUKU
Wuaah… buku-buku yang dipamerkan (dan dijual) bener-bener bikin ngiler! Menurut saya pribadi, seperti inilah seharusnya buku-buku anak. Saya langsung kalap dan beli sampe dompet saya yang udah tipis tambah meringis.
Hasil Perburuan

 Yang tidak saya sadari keuntungan ikut kegiatan seperti ini adalah: nambah kenalan!
Saya berkenalan dengan Ibu Azizah yang ramah banget! Beliau adalah istri dari Bapak Jusof Gajah, penulis cerita anak dan illustrator terkenal dari Malaysia. Eh, Bu Azizah ini ternyata orang Indonesia lho, orang Padang! Tapi sejak kakeknya sudah menetap di Malaysia. Katanya, saudaranya masih banyak yang di Padang.
Dengan Frau Claudia dan Encik Azizah

 Beliau juga dengan baik hatinya mengenalkan saya dengan Frau Claudia. Frau Claudia ini adalah ketua Frankfurt Buchmesse! Hwadoooh…. Angan-angan saya jadi liar! Semogaaaa…. bisa ke Frankfurt Buchmesse! Oh Lord, hear my prayer!

Eh iya, kenalan dan ketemu juga dengan Evi Shelvia. Ilustrator yang menang lomba Sketsa, juara I! Hebat ya? Dari Indonesia lho!

 
Dengan Evi Shelvia dan ilustrasinya yang jadi Juara I



AWARD REWARDING
Aku melangkah ke gedung National Library Building dengan cengangas-cengenges. Ini kejutan. Soale sebelum ke Singapur, aku depresi berat… wkwkw… nervous! Eh, setelah Rosario di Novena Church, rasanya plong! Apa pun yang terjadi, terjadilah!

Sempat ketemuan sama Mbak Sofie Dewayani dan Mbak Eva Nukman yang ramah banget! Setelah berbual-bual beberapa saat, kami pisah. Mbak Sofie dkk mandi dulu. Aku langsung ke atas.
Waktu jalan keluar dari lift aku ngeliat fotoku ada di daftar shortlisted yang diletakkan di tepi lorong. Wuih! Rasanya gimanaaaa gitu! Hwiqiqiqi…
Dengan Ary Nilandari dan Sofie Dewayani

 Trus, tiba-tiba ada seorang ibu yang ndatangin dan ngajak salaman. Dia bilang, ngenali aku dari foto yang dipajang itu. Woaah!! Kembang kempis deh hidungku!
Dengan pe-denya aku bilang:
“Wish me luck!”
Ini jawaban dia, yang kurasa sangat tepat dan bijaksana:
“You’re already the one!”
Amboy! Mungkin dia tuh malaikat yang dikirim Allah untuk menguatkan hatiku yah… hehehe… Matur Nuwun, Gusti…

Selanjutnya, aku plirak-plirik untuk cari tempat duduk. Pinginnya duduk di belakang aja. Eh, aku didatengin sama seorang gadis dari panitia. Beliau ternyata Filzah yang selama ini berkorespondensi denganku. Filzah nunjukkan tempatku duduk. Oh, dikasi tempat duduk toh? Aku mikir dengan noraknya… :D

Aku nulis di note BB-ku: It is a little bit thrilling, having been invited and have your own seat. Do wanna take a picture of the seat that has my name tag on it :D

Aku kenalan sama Lak-Khee, penulis Singapura yang juga sesama shortlisted. Sebelah kiriku duduk Debra Chong. Tapi orangnya ndak mau bertegur sapa. Yo wis lah… hehehe..

Acara berlangsung tepat waktu, efisien, dan efektif. Beda banget dengan acara-acara di Indonesia yang sudahlah ngaret, kebanyakan kata sambutan :p

Akhirnya, tibalah yang saya tunggu: pengumuman pemenang. Ternyata saya belum menang. Yang menang adalah Debra Chong, gadis muda di sebelah saya. Wah, hebat! Masih muda udah berprestasi. I’m happy for her!

Saya? Kecewa. Tapi sedikit. Lebih banyak senang dan bangga. Masuk jadi shortlisted aja sudah seperti anak TK naik kelas ke program doktorat… wkwkwk.. :D

***

Baca juga:
Saya dan Warga Singapura
Me and Singaporean Cuisine
AFCC Membuka Peluang Mendunia Bagi Kreator Bacaan Anak Indonesia - tulisan Ary Nilandari.


Pekanbaru, 4 Juni 2013
Agnes Bemoe

2 comments:

  1. Selamat ya mbak Agnes, you did it! keren banget. Moga tahun depan giliran mbak Agnes yang menang ^_^ jangan lupa mampir ke johor ya heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ameeeen! Hihihi... makaaciiih, Encik Widya. Hasrat hati nak ke Johor, Malaka, dll, ape daye... Semoga lain waktu bisa injak tanah Malaysia... hehehe...

      Delete