Follow Us @agnes_bemoe

Thursday 6 May 2010

Biar Nggak Mati Gaya…: Terus Belajar


Jadi guru memang ga gampang … ga cukup cuman pintar secara intelektual. Itulah sebabnya Maka ga semua orang pintar, bisa mengajar . Ada kecerdasan lain yang dibutuhkan oleh seorang guru, bila ia berniat menjadi guru yang efektif.
Berikut ini beberapa trik atau tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para guru ataupun calon guru:


TERUS BELAJAR
Jangan pernah beranggapan bahwa begitu seseorang lulus FKIP atau mendapat Akta IV maka tugasnya selesai. Ia kemudian bisa ongkang-ongkang kaki, tinggal masuk kelas aja setiap hari…. Anggapan tersebut sangat tidak betul! Kalau menjadi guru, tentu anda pengen jadi guru yang rruarr biasa… dan bukannya guru yang sedang-sedang saja… Terus belajar membuat anda fresh dalam ilmu anda, dan juga dalam cara anda mengajar.

Di lain pihak, kita dulu juga pernah jadi murid kan? Bayangkan kalo’ guru kita ngomongnya itu-itu aja. Bayangkan juga kalo dia ngajar dengan cara yang itu-itu aja… bête kan? Nah, hal yang sama terjadi juga pada murid-murid yang sekarang kita ajar. Jangan anggap remeh mereka. Murid menilai penampilan kita di depan kelas (ingat, kita dulu juga gitu kan? Makanya kita suka punya julukan untuk bapak/ibu guru kita. Itu kan berasal dari “penilaian” kita atas mereka…)

Belajar dari mana saja? Jawabnya: dari mana saja, dan dari siapa saja! Ga ada batasan. Belajar bukan berarti hanya ikut seminar atau workshop, apalagi terus kuliah lagi.
Paling enak sebetulnya belajar dari teman sejawat. Lirik-lirik teman sejawat. Jangan malu mencontek kreativitas mereka, jangan malu berdiskusi dengan mereka, dan jangan ragu “berkompetisi” dengan mereka.

Jaman sekarang, berkat internet, informasi menjadi sangat terbuka. Jangan ragu-ragu mencari ilmu dari internet. Anda akan terkejut sendiri melihat begitu banyaknya hal yang bisa anda petik.

Belajar bisa dari mana saja, yang penting, punya kerendahan hati untuk mau terus belajar , dan peka terhadap bahan-bahan ajar yang ada di sekeliling kita.

===SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2010===

(bersambung)

Sumber Gambar: http://images.google.co.id/imglanding?q=teacher&imgurl

No comments:

Post a Comment