Follow Us @agnes_bemoe

Tuesday 27 November 2018

Orang Baik Di Mana-Mana



Jadi kan saya pingin ke Sendang Sriningsih. Nak Lanang tersayang lagi kuliah, ga bisa nganter. Gapapa, saya pakai Gocar aja.

Pergilah saya dengan Gocar.

Begitu sudah masuk ke jalan kecil menuju Sendang Sriningsih, pengemudi Gocarnya tanya, saya pulang pakai apa. Saya bilang, pakai Gocar. Dik Gocar itu bilang, ini jalan terpencil sekali lho, Bu. Takutnya sulit dapat Gocar. Barulah saya ngeh. Iya ya, enteng aja saya pake Gocar, tak memperhitungnya terpencilnya area. FYI jalan mau masuk ke Sendang Sriningsih itu jauuuh dari jalan raya Jogja-Solo, dan masuuuuk banget.

Paniklah saya. Saya pikir mau pakai adik ini aja untuk pulang. Tapi, dia mau ga ya. Secara, dia bukan katolik, ngapain nungguin orang berziarah. Yang kedua, kalau mau, saya takut juga ‘ditembak’.

Saya tawarkan ke dik pengemudi kalau dia mau tunggu dan antar kembali saya pulang. Dik Gocarnya mau. Saya bilang lagi, ini ziarah Katolik lho, apa ga keberatan menunggu. Ntar dosa lagi. Adik itu bilang gapapa. Termasuk biayanya juga dia pakai tarif Gocar Sendang Sriningsih - Timoho (jadi seolah dia yang pesan, saya bayar ke dia). Okok, bagus juga pemikiran adik ini. Jadi dia ga nembak. Itu saja sudah bikin saya salut.

Nah, naik ke atasnya ternyata tuinggi dan lumayan jauh. Adik itu bilang, biar dia antarkan dengan mobil (karena sepertinya ada batas pengantaran dengan mobil). “Kulo tangletaken rumiyin nggih, Bu”, maksudnya, dia mau tanyakan apakan mobil bisa naik.

Ternyata,mobil boleh naik. Sip.

Saya diantar sampai batas jalan keras. Setelahnya, jalan tanah, mobil ga bisa masuk. Ya udah, si adik nunggu di mobil. Masih dia berpesan: Ibu ga usah buru-buru. Namanya ziarah, ga boleh buru-buru. Duhh, mak nyess saya. Kok pengertian banget nih bocah. Tadi saya tanyain soalnya, ada kuliah ga, buru-buru ga (si nak sopir ini kuliah di Akprind).

Saya pun berdoa di Sendang Sriningsih. Jujur, hihihi... ada kekhawatiran si adik sopir ini kabur. Hla iya toh, siapa tau dia dapat penumpang? Tapi, saya pasroh aja 😃

Selesai berdoa, si adik sopir ternyata masih ada dan dia sedang tidur. Dia nunggu sampe ketiduran. Aduh, sak ke. Yo wis, kami balik ke Yogya.

Sampai di Yogya, saya berikan uangnya (yang sesuai tarif Gocar Sriningsih-Yogya)dan saya lebihkan sedikit. Bukan pamer, ada maksudnya.

Waktu saya mau masuk kamar penginapan, eh, ada yang manggil-manggil. “Buk! Buk! Uang Ibuk kelebihan!” Ealah, si nak driver Gocar. “Lebihnya banyak buanget!”. Hwuik, ki bocah ngisin2i wae!

Saya bilang, enggak, uangnya udah pas. Ada sekitar 2 menitan kami otot2an antara pas dan kelebihan. Tentu saja saya yang menang 😃

Si bocah driver salim sama saya. Saya pun berterima kasih ga habis-habisnya. Bayangkan, misalnya dia ga peduli saya mau pulang pakai apa, dia juga ga salah. Memang bukan tanggung jawabnya kan? Harusnya saya yang sudah memikirkan matang2 sebelum jalan. Lalu sikapnya yang polos dan jujur, ga mau nembak, tetap membantu dan ga bersikap saya ‘butuh banget’ sama dia, ini yang membuat tip dari saya terasa pas kalo ga bisa dibilang kurang.

Saya selalu senang kalau bertemu dengan orang-orang baik seperti ini. Semoga kuliahnya lancar, cepat lulus, dan jadi orang yang berhasil. Amin.

***

Pekanbaru, 28 November 2018
@agnes_bemoe

2 comments:

  1. Masih banyak orang baik di negeri ini. Bagi dia, mengantar orang lain ziarah, ibadah, menjadi nilai ibadah pula baginya.Tidak selalu ada kesempatan berbuat baik, si mas Go Car ini tahu pasti, kesempatan baik tak boleh disiakan. Semoga berkah kebaikan baginya dan juga Ibu Agnes yang sudah menjadi perantara baginya untuk berbuat baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, Mbak Yeti :) Seneng banget ketemu Mbak Yeti di blog :)

      Delete