Follow Us @agnes_bemoe

Friday, 8 June 2018

SERU SETIAP SAAT YANG BENAR-BENAR SERU!

www.serusetiapsaat.com


Lupa kapan persisnya, tapi bisa saya pastikan, saya sudah langsung jatuh hati pada serusetiapsaat begitu pertama kali mengenalnya. Cerita-cerita dalam SSS ini polos, imut, dan super ramah anak. Belum lagi ilustrasi yang manis, cute, serta sangat bercerita. Bisa dibilang, saya adalah die hard website yang satu ini.
Saya beruntung bisa berkenalan dengan pencetusnya, Mbak Gita Lovusa. Mbak Gita sendiri adalah pribadi yang ramah dan menyenangkan. Saya adalah salah seorang followernya di Instagram karena postingannya yang asyik.
Gita Lovusa, tinggal di Tangerang.

Menyambut website saya yang baru, www.agnesbemoe.com, saya mewawancarai Mbak Gita Lovusa. Saya rasa, Mbak Gita dan Seru Setiap Saatnya merupakan salah satu yang paling menginspirasi saya sebagai penulis karenanya, saya merasa terberkati waktu Mbak Gita bersedia saya muat di website saya ini. 
Berikut hasil wawancara saya:

1.      Bagaimana awalnya sehingga terbentuk serusetiapsaat? Ada alasan khusus memilih nama SSS?
Awalnya banget sebetulnya dari www.lovusa.multiply.com. Dulu saya upload beberapa e-book Cha (Cha adalah putri Mbak Gita Lovusa. Red) di sana. Waktu itu usianya masih 4 – 5 tahun. Kalau dia bikin cerita, saya tulis, terus saya minta tolong Mbak Nita Candra dan Mbah Tyas untuk mengilustrasi. Ada juga e-book yang Cha gambar sendiri, bikin di kertas, kemudian dijadikan buku. Nggak lama, multiply ditutup. Lalu saya terpikir untuk bikin website dengan nama “serusetiapsaat”. Saya suka nama yang bikin semangat. Saya juga suka nama-nama yang berima. Jadilah saya pakai nama itu.

2.      Siapa penulis cerita anak yang menginspirasi Mbak Gita dan SSS?
Tentu saja Ary Nilandari. Dari Teh Ary saya tahu tentang picture book dan jatuh cinta. Saya ikut kelas Teh Ary waktu beliau bikin kelas menulis picture book. Saya juga ikut sharing session Teh Ary di Bandung tentang picture book. Semakin terpikir untuk menyeriuskan picture e-book di serusetiapsaat. Akhirnya, bikin konsep kalau e-book di serusetiapsaat bisa ditulis dan diilustrasikan oleh siapa saja; anak-anak atau dewasa, pemula atau profesional, masih belajar atau sudah jago. Saya ingin serusetiapsaat menjadi tempat seru-seruan untuk belajar dan bikin e-book. Untuk cerita yang dikirim anak-anak, saya usahakan sekali agar minim editing, biar murni serunya khas anak-anak.
 
Seru Setiap Saat
3.      Apa hal tersulit yang pernah dialami SSS? Apa hal termanis?
Hihi! Ditanya ini jadi ingat waktu saya SKSD sama satu illustrator pro yang saya sukaaa banget sama gambarnya. Dari profil saya tahu kalau dia dulu kerja di sosial dan sekarang mau serius menekuni dunia ilustrasi secara professional. Saya sapa dan kasih info tentang serusetiapsaat, lalu ajak bergabung jadi ilustrator. Naah, salahnya saya, nggak menjelaskan kalau bergabung itu artinya boleh kok ikut gambar cuma sekali. Jadilah dia dengan sopan menolak… hihi….

Yang manis, banyaaak! Saya suka terharu kalau dapat kiriman foto teman-teman yang mem-print e-book serusetiapsaat. Dipakai untuk anak sendiri atau juga untuk anak-anak lain di sekolah atau di tempatnya mengajar menulis. Duh, ya ampun. Serasa ikut terbang ke mana-mana bersama e-book. Saya juga terharu dengan penulis cilik serusetiapsaat, Olivia a k a Oliv a k a Oi. Oi suka nyebut tentang serusetiapsaat dan saya waktu Oi presentasi di Suara Anak. Juga pas Oi diwawancara ssalah satu media. Merasa disayang ppisan sama Oi… hahaha…. Juga pas e-book dijadikan video dongeng oleh Kak Gemala. Huaaa, jadi makin manis dan seru!
Pengalaman manis lainnya tentu saja kalau terima kiriman naskah dan tawaran ilustrasi dari teman-teman semua.

4.      Siapa 3 orang yang paling berjasa buat SSS selain Mbak Gita, tentunya?
Suami tentu saja… hihihi…. Ngedukung pisan da sempat kasih saran ini itu untuk serusetiapsaat. Kedua, Mbak Ratna Kusuma Halim, yang dari awal bersedia mengilustrai naskah dan sekarang jadi tempat konsultasi beberapa ilustrator baru. Can’t thank her enough. Yang ketiga, Andalusia, seorang dosen muda yang membawa serusetiapsaat ke penelitiannya dan memberi genre baru di serusetiapsaat, yaitu puisi anak.

5.      Sekarang sedang menggarap proyek apa?
Masih memoles dan merapikan naskah. Cari-cari ilustrator yang bersedia mengilustrasi. Rencana yang paling dekat adalah ingin membuat e-book berbahasa daerah dan non-fiksi. Doakan yaaa….

Begitulah ngobrol saya dengan Mbak Gila Lovusa sebagai penggagas website seru bernama serusetiapsaat. Website ini dapat diakses di www.serusetiapsaat.com  Ngomong-ngomong, jelek-jelek begini, saya pernah nampang di serusetiapsaat lho! Lihat di link ini ya: Harta Karun Kakek
Seru Setiap Saat

Saya cerita tentang harta karun dari Pulau Bengkalis di Provinsi Riau. Apa itu? Klik link-nya dong!
Mbak Gita Lovusa sendiri seorang penulis dan editor buku cerita anak. Beberapa karyanya antara lain "Happy Ramadhan With Kids", "La Tahzan for Teachers", "Misteri Gerbong Tua", "Rahasia Rumah Reyot", dan "How To Make A Baby, Mommy? - A Parents' Diary". Ini adalah sebagian buku-buku yang diedit atau di-proofread oleh beliau:
 
Hasil Karya Gita Lovusa

Selanjutnya seperti yang saya janjikan: giveaway! Tata cara mengikuti giveaway ini bisa dibaca di sini.

“Intiplah www.serusetiapsaat.com. Sebutkan satu cerita yang paling menarik!”

KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA, GRASINDO, 2018

·         Tuliskan jawabannya di kolom komentar di bawah artikel ini
·         Share artikel ini ke facebook dan atau twitter
·         Mention 3 teman TERMASUK SAYA
·         Saya menghargai sekali kalau Anda juga mau menjadi teman saya di facebook dan follow twitter serta Instagram saya.
·         Akan dipilih SATU pemenang secara acak untuk hari ini
·         Peserta yang mengikuti giveaway hari ini berhak menjadi pemenang untuk kategori umum di akhir periode giveaway
·         Mohon tidak menuliskan hal lain selain jawaban giveaway di kolom komentar dan mohon tidak membuka perdebatan apapun
·         Terima kasih. Let’s have fun!

FABEL NUSANTARA, GRASINDO 2018


9 Juni 2018
Pace e Bene,
Agnes Bemoe


No comments:

Post a Comment