Follow Us @agnes_bemoe

Friday 11 November 2016

BOOK THROUGH MY EYES [BTME]: MENGENAL NILAI DAN NORMA SECARA SEDERHANA

Judul Buku                  : Cerita Bijak untuk Anak
Penulis                         : Krismariana
Penyunting                  : Deesis Edith M.
Ilustrator                     : InnerChild Studio
Penerbit                       : Penerbit Bhuana Ilmu Populer
Genre                          : Fiksi Anak



Buku ini berisi lima buah cerita yang –dari judulnya sudah dapat kita tebak- mengajak anak untuk bersikap bijak. Ada Bubu si Polisi yang dihadapkan antara keinginan memiliki kue ulang tahun dan tugasnya sebagai penegak hukum sampai Si Kancil yang kehabisan persediaan mentimun padahal ia ingin sekali makan timun.
Kelimanya dituturkan dengan apik dan menarik. Apik, karena tidak menggurui biarpun mengandung muatan pesan moral yang cukup berat. Apik, karena penggunaan bahasanya sederhana.  Menarik, dengan ilustrasi yang hidup dan cerah karya InnerChild Studio. Menarik, dengan bonus stiker dan puzzle di akhir cerita. Secara khusus saya suka ukurannya yang besar (25 X 25) dan tidak terlalu tebal. Anak akan mudah memegangnya saat membaca. Dengan kelebihan ini, buku ini tak diragukan lagi ideal untuk anak-anak.
Yang mengganggu buat saya adalah judulnya. Mungkin ada pertimbangan tersendiri untuk hal ini tapi judul “Cerita Bijak untuk Anak” menurut saya sangat predictable sehingga kurang menantang dan menarik. Yang juga mengganggu buat saya adalah Kata Pengantar di halaman awal. Menilik dari pembahasaannya Kata Pengantar tersebut sepertinya ditulis untuk konsumsi orang dewasa. Apapun maksud dan tujuannya, bukankah ini tetap buku anak? Mengapa tidak memberi ruang semaksimal mungkin untuk anak?
Namun demikian, buku ini sangat layak dibaca, bahkan wajib dibaca, oleh anak-anak. Bagi orang tua yang masih memiliki anak berusia 4 – 7 tahun, saya sarankan untuk membeli dan membacakan buku ini. Bila saya seorang guru TK atau SD kelas 1 atau 2, saya akan dengan senang hati membacakan ini ke murid-murid saya dan membicarakan isinya. Saya yakin, inilah maksud buku ini ditulis; supaya anak-anak mulai menginternalisasi nilai dan norma yang terstandar.

***

Pekanbaru, 12 November 2016
@agnes_bemoe




1 comment:

  1. Duh...mbak Agnes behind the scene nya memotivasi bangets...

    ReplyDelete